Denpasar (Antara Bali) - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengharapkan pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) setempat dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan semangat baru.

Bupati Eka mengatakan hal itu ketika menerima pengurus KONI Tabanan periode 2014-2018 yang diketuai Dewa Gede Ary Wirawan di ruang kerjanya, Kamis.

Ia mengharapkan Koni mampu menciptakan kelembagaan yang lebih baik, sehingga ke depannya daerah ini bisa diperhitungkan dalam bidang olahraga.

Bupati Eka juga menginginkan pengurus KONI mampu bergerak dengan semangat baru. Penguatan organisasi Koni sangat penting untuk mencapai tujuan mengukir prestasi yang lebih baik.

Upaya itu juga dipadukan dengan program kerja yang serius dan lebih terkonsep. Hal penting lainnya komunikasi antarpengurus dan cabang olahraga lebih dibina dengan baik.

"Selain mencari bibit yang punya potensi di bidang olahraga, program kerja juga harus jelas. Ini juga akan membantu mengangkat motivasi atlet agar bisa membanggakan daerahnya," harap Bupati Eka.

Menyinggung soal anggaran, selaku pimpinan daerah Bupati Eka berharap agar pengurus Koni Tabanan telah mempersiapkan anggaran jauh-jauh hari, karena bagaimanapun juga soal dana erat kaitannya dengan proses penyusunan anggaran.

Ia memberikan apresiasi terhadap gagasan agar Tabanan mampu menyelenggarakan sejumlah kegiatan olahraga. Bupati memberikan masukan agar kegiatan bisa dilaksanakan di kawasan pesisir.

"Agar pantai-pantai yang ada di Tabanan lebih dikenal lagi. Modelnya bisa lomba lari di pinggir pantai," jelasnya seraya menyebutkan agar Koni juga merangkul perusahaan-perusahaan untuk mendukung anggaran pelaksanaan tersebut.

Ketua Koni Tabanan 2014-2018 Dewa Gede Ary Wirawan menjelaskan audiensi ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus meminta dukungan dari Pemkab Tabanan.

Terlebih, dalam beberapa bulan ke depan akan berlangsung Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). "Untuk jangka pendeknya, kami fokus pada persiapan menghadapi Porprov," ujar Dewa Gede Ary Wirawan.

Pihaknya telah mempersiapkan diri menyambut Porprov, jajarannya juga telah merumuskan tiga rencana pokok agar bidang olahraga bisa memberi andil bagi peningkatan prestasi Tabanan.

Tiga rencana itu meliputi penguatan sisi kelembagaan sehingga masing-masing cabang olahraga (cabor) lebih mantap lagi dalam memberikan pelatihan-pelatihan untuk atlet-atletnya.

"Ingin rasanya kita mengukir sejarah yang sama seperti terjadi pada 2003 lalu saat Tabanan mampu masuk dalam lima besar. Dengan itu, atlet-atlet kita akan merasa bangga menjadi warga Tabanan," ujar pria yang juga Ketua KNPI Tabanan.

Rencana berikutnya masih berkaitan dengan pelatihan atlet. Namun yang ditekankan adalah kontinyuitas pelatihan dan pembinaan. Meski di beberapa cabor, hal ini sudah dilaksanakan.

Selain itu mengolahragakan masyarakat Tabanan melalui pelaksanaan berbagai kegiatan. Adanya kegiatan olahraga di sisi lain akan memberi kontribusi bagi daerah, terutama dari sisi promosi pariwisata, ujar Ary Wirawan. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015