Badung (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengajak masyarakat untuk ikut mempromosikan desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Promosi ini dilakukan agar terjadi penyebaran perkembangan pariwisata antara Badung bagian Selatan dan Badung bagian Utara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Cok Raka Darmawan saat pelaksanaan promosi dan pemasaran Desa Wisata di Kabupaten Badung di Lapangan Paint Ball, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Minggu.

Menurut dia, Kabupaten Badung saat ini memiliki 11 Desa Wisata yang masih perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi alternatif pilihan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Badung.

Pemerintah sangat berperan dalam pengembangan Desa Wisata, selaku legislator fungsi pemerintah yaitu memberikan motivasi dan memfasilitasi infrastruktur dan penunjang lainnya yang mendukung pengembangan Desa Wisata tersebut.

Desa Wisata yang akan diperkenalkan yaitu Desa Wisata Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abiansemal. Promosi ini harus dilakukan bersama-sama untuk meningkatkan Wisatawan yang datang berwisata ke Desa Bongkasa Pertiwi.

Dengan adanya persaingan yang sangat global maka pelaku pariwisata harus bisa mengatur strategi dalam upaya mempromosikan potensi-potensi yang ada di Bali pada umumnya dan Kabupaten Badung pada khususnya.

Dengan demikian, maka Pemerintah Kabupaten Badung bersama pihak terkait, termasuk pelaku pariwisata harus bekerjasama dalam kepariwisataan sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepada pelaku pariwisata seperti HPI, Asita, Travel Agent dan Biro perjalanan yang langsung ikut melihat secara langsung Desa Wisata Bongksa Pertiwi agar memberikan suport dan mendukung serta mengambil bagian untuk bekerjasama dalam mempromosikannya, karena Desa Wisata Bongkasa Pertiwi ini sudah memiliki potensi yang sangat layak untuk dipromosikan dan telah memenuhi kriteria menjadi Desa Wisata.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Bongkasa Pertiwi, I Wayan Martana mengatakan, Desa Bongkasa Pertiwi terdiri dari tiga banjar yaitu Banjar Karangdalem I, Karangdalem II, dan Tegal Kuning.

"Keberadaan wisatawan di Desa Bongkasa Pertiwi sudah dimulai sejak tahun 1997 yang diawali dengan kegiatan atraksi Arung Jeram yaitu Bali Adventure Rafting," ujarnya.

Saat ini Desa Wisata tersebut memiliki atraksi untuk menarik daya wisatawan ke Bongkasa Pertiwi kurang lebih enam Rafting, HTV, Paint Ball dan kerajinan Perak.

"Kami berharap kepada HPI, Asita, Travel Agent dan pelaku pariwisata dapat membantu terlebih kunjungan wisatawan yang datang ke Bongkasa Pertiwi cukup lumayan lebih dari 500 per hari," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015