Negara (Antara Bali) - Pemkab Jembrana menyiapkan ratusan alat tangkap mulai dari mesin, jaring hingga pancing, sebagai bantuan untuk nelayan tahun ini.

"Pengadaan alat tangkap tersebut masih dalam tahap lelang. Kami siapkan 100 unit mesin, serta dengan jumlah yang sama untuk jaring dan pancing," kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan Dan Kehutanan I Made Dwi Maharimbawa, di Negara, Rabu.

Menurutnya, untuk pengadaan mesin alokasi anggaran mencapai Rp800 juta, sementara untuk jaring dan pancing Rp225 juta.

"Tapi itu merupakan pagu anggaran, artinya bisa saja turun saat lelang. Bantuan jenis ini selalu ada setiap tahun," ujarnya.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, ia mengatakan, nelayan harus membentuk kelompok dan mengajukan proposal ke Pemkab Jembrana, yang selanjutnya akan diverifikasi.

Ia mengungkapkan, program bantuan ini mendapatkan respon yang positif dari nelayan, terbukti pada tahun 2014 cukup banyak terbentuk kelompok nelayan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

"Tahun lalu jumlah proposal dari kelompok nelayan yang kami terima cukup banyak, sehingga tidak seluruhnya bisa mendapatkan bantuan. Apakah proposal yang masuk tersebut akan direalisasikan tahun ini, kami masih melakukan kajian," katanya.

Menurutnya, setiap kelompok nelayan yang beranggotakan minimal 10 orang, rata-rata mendapatkan empat unit mesin, sehingga dengan pengadaan 100 unit bisa diberikan kepada 25 kelompok nelayan.

Ia mengatakan, selain bantuan alat tangkap yang dananya berasal dari APBD Jembrana, pihaknya juga membantu nelayan untuk mengakses bantuan dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

Untuk bantuan dari pusat tersebut, menurutnya, dalam bentuk dana hibah sebesar Rp100 juta untuk masing-masing kelompok nelayan.

Namun ia mendapatkan informasi, jika tahun 2015 bantuan bentuk tersebut akan dikurangi, karena pemerintah pusat konsentrasi ke wilayah Indonesia timur.

"Kami dengar bantuan dana hibah itu akan diarahkan untuk nelayan di Indonesia timur. Tahun lalu kami mendapatkan bantuan untuk empat kelompok nelayan, tidak tahu untuk tahun ini," katanya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015