Denpasar (Antara Bali) - Pertunjukan seni dan budaya bertajuk "Festival of India 2015" akan digelar di Pulau Bali dari Januari hingga Maret mendatang sebagai upaya mempererat hubungan kerja sama India dengan Indonesia.

Konsul Jenderal India untuk Bali Amarjeet Singh Takhi saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Jumat mengemukakan kegiatan itu untuk mempererat kerja sama dua negara, terlebih Bali memiliki hubungan historis yang sangat dekat dengan India.

"Festival of India 2015" akan digelar di Bali sepanjang Januari hingga Maret 2015 merupakan salah satu rangkaian festival yang digelar Kedubes India di 16 kota di seluruh Indonesia. Sedikitnya 30 presentasi budaya akan memeriahkan rangkaian festival.

Takhi mengatakan festival akan dimeriahkan tarian rakyat, drama tari, wayang, pertunjukan seni, pameran, seminar, pemutaran film Bollywood hingga film dokumenter.

Khusus untuk Bali, rangkaian festival akan dibuka secara resmi pada 28 Januari 2015 di The Westin Resort, Nusa Dua. Selanjutnya, sejumlah pagelaran seni dan budaya akan dilaksanakan di beberapa lokasi antara lain Ardha Candra Taman Budaya Denpasar, Gedung Ksirarnawa, Auditorium Natya Mandala ISI Denpasar, Museum ARMA, Auditorium Undhiksa, Amphitheatre Diccovery Shopping Mall dan Monumen Bajra Sandhi.

Demi kelancaran penyelenggaraan kegiatan tersebut, Takhi sangat mengharapkan dukungan dari pemprov dan masyarakat Bali.

"Dukungan seluruh masyarakat Bali sangat kami perlukan agar tujuan pelaksanaan festival ini dapat tercapai. Kami juga menyampaikan undangan terbuka kepada masyarakat Bali untuk hadir dan menyaksikan pertunjukan dalam rangkaian festival tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi rencana penyelenggaraan "Festival of India 2015" dan berjanji akan meluangkan waktu untuk hadir.

"Ini kegiatan yang sangat bagus dan saya akan datang. Event ini merupakan salah satu upaya dalam memantapkan kerja sama antara Bali dengan India, mengingat kita memiliki kultur yang hampir sama," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pastika juga mengimbau masyarakat Bali untuk datang menyaksikan pertunjukan yang disuguhkan oleh para seniman dan budayawan India.

Dia yakin, pertunjukan seni yang disuguhkan oleh seniman dan budayawan India akan sangat menghibur dan menarik untuk diikuti. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015