Jakarta (Antara Bali) - Wakil Presiden Jusuf Kalla memulai kunjungan kerja ke Aceh untuk menghadiri peringatan 10 tahun tsunami yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang.

Keterangan Sekretariat Wapres har ini menyebutkan Jusuf Kalla didampingi Mufidah Jusuf Kalla berangkat ke Aceh dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Kepresidenan TNI-AU Boeing 737-400.

Selama di Aceh, esok Jumat dia akan melakukan sejumlah kegiatan kerja terkait memperingati 10 tsunami, antara lain ziarah ke makam massal Siron.

Puncak peringatan 10 tahun tsunami akan dilakukan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Selama acara puncak akan ditayangkan video rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh, tinjauan ke pameran Expo Kebencanaan, dan mengunjungi Museum Tunami Aceh.

Selanjutnya JK berada di Pendopo Gubernur untuk menghadiri peluncuran buku "10 Tahun Tsunami", lalu melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia Provinsi Aceh.

Wapres kembali ke Jakarta pukul 17.05 dari Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda.

Bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 telah menewaskan sekitar 160 ribu orang setelah didahului gempa bumi berkekuatan 9,3 SR di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut di Pulau Simeulue.

Pemerintah telah menggelontorkan dana sekitar Rp 30 triliun guna pembangunan infrastruktur pasca bencana ini. (WDY)

Pewarta: Oleh Ahmad Wijaya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014