Denpasar (Antara Bali) - Pangkalan Udara Ngurah Rai, Bali, bersiaga memonitor keamanan kawasan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

"Pengamanan bandara sudah ada protap (prosedur tetap)-nya, bekerja sama dengan Angkasa Pura dan polisi," kata Komandan Lanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Sugiharto Prapto W, di Denpasar, Senin.

Dia menjelaskan bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mewujudkan keamanan di wilayah bandara sebagai salah satu pintu masuk utama wisatawan mancanegara di Pulau Dewata.

"Kami tidak ingin ada pihak lain yang tidak bertanggungjawab terhadap keamanan di bandara," tegasnya.

Sementara itu terkait pengerahan personel keamanan, Sugiharto tidak menyebutkan jumlah personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan namun melibatkan semua kekuatan.

"Personel pengamanan sementara ini sudah khusus. Unsur keamanan di Bali sudah mampu mengawal keamanan," imbuhnya.

Selain dengan polisi dan petugas Angkasa Pura, pihaknya juga bekerja sama dengan petugas TNI Angkatan Darat, Komando Regional Militer dan TNI Angkatan Laut.

Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, wisatawan domestik dan mancanegara diperkirakan akan mulai berdatangan di salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu.

Untuk itu aparat keamanan menerapkan sejumlah antisipasi keamanan guna mencegah terjadinya gangguan keamanan di bandara. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014