Denpasar (Antara Bali) - Harga komoditas cabai rawit kecil dan cabai merah besar di tingkat pasar tradisional di Pasar Badung, jantung kota Denpasar mengalami penurunan harga, akibat banyaknya pasokan yang didatangkan dari luar Bali.

"Sejak kemarin harga cabai rawit kecil dan cabai merah besar mengalami penurunan tipis, hal ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca di Pulau Bali," kata seorang pedagang, Ni Gede Aditi, di Pasar Badung, Kota Denpasar, Bali, Selasa.

Seminggu yang lalu, harga cabai rawit kecil dijual dengan harga Rp85.000 hingga Rp90.000 per kilogram namun mengalami penurunan harga sebesar Rp60.000 per kilogramnya, cabai merah besar dijual dengan harga Rp50.000 hingga 55.000 per kilogram namun mengalami penurunan harga sebesar Rp53.000 per kilogram.

Ia menjelaskan, penurunan harga cabai di kalangan pedagang Pasar Badung, cukup terbilang menggembirakan, pasalnya kenaikan harga cabai yang terus menerus melambung seperti minggu sebelumnya, akan menyulitkan pedagang untuk menjual cabai kepada konsumen.

Menurut Aditi, penurunan harga cabai saat ini karena berlimpahnya pasokan yang langsung didatangkan dari Pulau Jawa, Denpasar dan juga beberapa sentra cabai. Pasokan cabai sudah mencapai 30 hingga 50 ton dalam satu hari belakangan ini.

Penurunan harga cabai juga dirasakan oleh pedagang cabai, Ni Wayan Asri, di kawasan Pasar Badung, menurutnya penurunan harga cabai sudah semestinya terjadi, karena bila harga cabai terus naik, para konsumen dengan sendirinya akan beralih ke barang yang lain sebagai pengganti cabai.

Sementara itu, seorang konsumen cabai, Ni Nyoman Akila, di kawasan Pasar Badung, mengatakan, penurunan harga cabai saat ini terbilang cukup besar, karena penurunan harga cabai rawit kecil mencapai Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram dan penurunan untuk cabai merah cukup terbilang kecil, hanya mencapai Rp2.000 hingga Rp3.000 per kilogram. (WDY)

Pewarta: Oleh Mayolus Fajar

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014