Gianyar (Antara Bali) - Desa Lebih, Kabupaten Gianyar, Bali melalui kegiatan "Lebih Beach Festival" berupaya mempromosikan potensi wisata bahari, dengan harapan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah pesisir di daerah "gudang seni" itu.

"Lebih Beach Festival" yang digelar setiap tahun sekali, bertujuan menarik kunjungan wisatawan yang digelar selama dua hari, 6-7 Desember 2014," kata Ketua Panitia LBF ke-4, I Wayan Agus Muliana, Minggu.

Ia mengatakan, kegiatan kali ini merupakan yang keempat kalinya, seluruhnya dipusatkan di Pantai Lebih.

Kegiatan tersebut antara lain dimeriahkan dengan aneka jenis tarian, gong Baleganjur, pameran kuliner khas Pantai Lebih, parade kano, lomba mencar, lomba renang, dan lomba menangkap bebek di laut.

Selain itu juga dilaksanakan berbagai olahraga pantai di antaranya lomba surving, pelatihan penyelamatan diri untuk siswa SD dan berbagai kegiatan hiburan musik lokal.

Pembukaan dan perlombaan mendapat sambutan antusias penonton yang memadati Pantai Lebih, termasuk puluhan wisatawan ikut berbaur.

Peserta yang didominasi anak-anak SD dan SMP, tampak penuh semangat berlomba di atas pasir dan berenang ke laut.

I Wayan Agus Muliana optimis Pantai Lebih akan menjadi salah satu destinasi pariwisata Gianyar timur. Hal ini karena Pantai Lebih memiliki daya dukung yang menjadi tarik diantaranya, aktivitas nelayan dengan jukung tradisional dan warung lesehan yang menawarkan kuliner ikan khas pantai.

Bupati Gianyar Agung Bharata dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan setempat I Made Raka menyampaikan, LBF merupakan kegiatan yang tepat memperkenalkan potensi Desa Lebih sebagai wisata bahari.

Hal in sejalan dengan program pemerintah pusat di bidang maritim dan daerah pesisir pantai.

Ia mengharapkan perkembangan Desa Lebih sebagai wisata bahari dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya.

Selain itu juga mengharapkan, LBF bisa terselenggara secara berkelanjutan untuk melestarikan budaya bahari dan penyaluran kreativitas seni generasi muda. (MFD)

Pewarta:

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014