Negara (Antara Bali) - Bupati Jembrana, I Putu Artha minta jajaran birokrasi pemerintahan tidak alergi terhadap kritik, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan dan kinerja mereka.

"Kritik tersebut bisa dari atasan atau masyarakat luas. Saudara semua harus menjadi kritikan sebagai motivasi untuk memperbaiki diri," katanya saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Korp Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) ke 43, di Lapangan Pecangakan, Negara, Sabtu (29/11).

Sebagai wadah pegawai negeri, menurutnya, pengurus Korpri harus peka dan turut melakukan pembinaan kepada anggotanya, termasuk menyikapi kritik terhadap birokrasi pemerintahan.

Ia mengatakan, masyarakat saat ini sudah semakin kritis terhadap pelayanan dan kinerja pemerintahan, yang setiap saat bisa melakukan kritikan secara terbuka maupun tertutup.

"Perkembangan sikap masyarakat terhadap birokrasi ini harus dicermati seluruh anggota Korpri, sehingga tidak ketinggalan jaman dengan terus berpegang pada paradigma lama," ujarnya.

Salah satu untuk mengantisipasi kritikan sejak dini, katanya, pegawai negeri membuka diri lewat komunikasi dengan masyarakat langsung.

Komunikasi ini, menurutnya, bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing pegawai negeri, yang sangat efektif untuk menyerap aspirasi maupun mensosialisasikan program-program pemerintah.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014