Denpasar (Antara Bali) - Olahraga air menjadi salah satu daya tarik wisatawan berusia muda yang datang dari dalam dan luar negeri di kawasan wisata Tanjung Benoa, sebuah tempat wisata air yang memiliki daya tarik tersendiri di ujung selatan Pulau Bali.

"Biasa pada musim liburan anak-anak muda akan ramai ke kawasan perairan Tanjung Benoa untuk menikmati wisata air seperti Jetsky, Banana Boat dan Parasailing," kata Kadek Sudirman, seorang instruktur atraksi air itu di Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Senin.

Ia yang karyawan sebuah perusahaan bergerak dalam dunia wisata air menyebutkan, turis remaja dalam maupun luar negeri menyenangi olahraga di air itu, karena permainannya masih dianggap baru dan cukup menantang oleh turis terutama yang berusia muda.

"Saya yakin anak-anak muda baik pria maupun wanita yang memanfaatkan musim liburan Hari Raya Natal dan akhir tahun 2014 akan ramai datang ke Benoa, sebab dari mereka ada yang sekedar menonton, tetapi banyak pula ingin mencobanya," kata Sudirman.

Dengan keindahan pantai dan lautnya, membuat Tanjung Benoa dikenal sebagai tempat wisata air atau dalam bahasa kerennya disebut watersports, banyak juga dikunjungi turis berusia muda terutama asal Australia, Singapura, Tiongkok dan negara Asia lainnya.

Turis Jepang, Taiwan, Korea Selatan paling banyak datang ke Benoa, tutur Sudirman yang didampingi rekannya di pantai berpasir putih itu saat istirahat setelah menemani tamunya mengikuti atraksi Boat Pisang ke tengah laut.

Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, lokasinya berdampingan dengan lokasi wisata Nusa Dua dan berada di ujung sempit membuatnya disebut tanjung, justru ini yang menyebabkan cukup unik dan ramai dikunjungi turis mancanegara.

Kadek Sudirman, anak muda asal Klungkung menjelaskan, turis berusia muda umumnya senang bermain jet ski salah satu watersports dengan menaiki jets air pada kecepatan tinggi dan permainan ini justru disenangi anak-anak muda.

Yang lebih menyeramkan lagi, kata Kadek, menaiki boat berbentuk pisang dengan muatan paling banyak enam orang, kemudian sebuah speed boat dengan pengemudi yang sudah berpengalaman menarik "banana boat" ke tengah laut.

Sampai di tengah dengan sengaja speed boat memutar tajam sehingga "banana boat" akan terbalik beserta semua penumpang di atasnya, tentu semua penumpang telah memakai jaket pelampung jadi tidak akan tenggelam.

Olahraga air ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri dalam menikmati liburannya di Bali, sehingga angka kunjungan turis asing meningkat terus setiap bulannya dan hingga September 2014 sudah tercatat 2,7 juta orang. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014