Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta bersama perwakilan Forum Komunikasi Putra Mandara (FKMP) serta Arya Wang Bang Pinatih, melaksanakan persembahyangan ke Pura Luhur Lempuyang di Kabupaten Karangasem, ujur timur Pulau Dewata.

"Persembahyangan yang berlangsung Minggu itu juga melibatkan sejumlah pimpinan dan perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Bali," kata Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra, SH di Denpasar, Senin.

Persembahyangan itu bertujuan untuk memohon kerahayuan (keselamatan) jagat Bali agar selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Selain itu selalu terpeliharanya keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama serta didukung kondisi keamanan yang mantap.

Ia mengharapkan seluruh masyarakat untuk berperanserta secara aktif dalam setiap tahapan pembangunan yang menyangkut berbagai aspek kehidupan masyarakat di daerah ini.

Pada kesempatan itu salah seorang Jro Pemangku Pura Luhur Lempuyang menyampaikan kepada Wagub Sudikerta bahwa ada petunjuk "pewisik" untuk melakukan ritual Pekelem di Pura Silayukti, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem Bali timur.

Kegiatan ritual itu untuk menyeimbangkan antara "Bhuana Agung" dan "Bhuana Alit".

Wagub Ketut Sudikerta menanggapi hal tersebut menginstruksikan kepada Kepala Biro Kesra Pemprov Bali untuk menyikapi pewisik tersebut. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014