Denpasar (Antara Bali) - Operator hotel internasional di Asia Pasifik dan Indonesia melakukan kerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia dalam meningkatkan kunjungan ke Tanah Air.

"Kami bermitra dengan penerbangan Garuda Indonesia untuk mempromosikan pariwisata sehingga bisa meningkatkan kunjungan dan akupansi hotel-hotel yang kami kelola," kata Adi Satria selaku Vice President Sales Marketing & Distribution Accor Malaysia, Indonesia and Singapore di Kuta, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan jangkauan penerbangan Garuda cukup luas, bahkan ke daerah terpencil kini sudah dilayani. Hal ini akan menjadi jembatan penghubung para wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata tersebut.

"Dengan layanan penerbangan itu tentu akan berimbas pada meningkatnya hunian hotel-hotel yang ada di Indonesia," katanya.

Pada kegiatan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) ini, kata dia, Accor menargetkan 10.000 pengunjung untuk bergabung dengan program keanggotaan "Le Club Accorhotels" yang akan memperoleh manfaat dan promo bersama, khususnya Garuda Indonesia dan BCA.

"Tahun ini kami ingin mempromosikan jajaran Hotel Ibis baru-baru ini dibuka, antara lain Ibis Gading Serpong, Ibis Styles Jakarta Airport, Sedangkan Mercure Legian Bali yang akan dibuka bulan Desember 2014," ucapnya.

Sementara itu, Ari Suryanta selaku Vice President Domestic Regional III PT Garuda Indonesia mengatakan kegiatan ini digelar setelah sukses menyelenggarakan GATF 2014 di Jakarta, Semarang dan Surabaya.

"Ajang ini digelar dimaksudkan untuk memfasilitasi masyarakat mendapatkan informasi mengenai daerah tujuan wisata terbaik di Nusantara maupun internasional serta memfasilitasi para `traveler` dan warga mendapatkan tiket serta paket wisata yang menarik dengan harga terjangkau," kata Ari Suryanta didampingi GM PT Garuda Indonesia Bali Syamsuddin.

Selain itu, kata dia, GATF tersebut juga mendukung program pemerintah mengembangkan pariwisata nasional. Kegiatan ini mengetengahkan konsep "Discover the World with The Wold`s Best Cabin Crew Garuda Indonesia".

"Target penjualan pada GATF kali ini bisa menembus Rp6 miliar lebih. Kami optimistis target tersebut bisa diwujudkan karena melihat dari animo masyarakat berkunjung ke anjungan biro perjalanan wisata yang ikut pameran itu cukup tinggi," ujarnya.

Ari Suryanta lebih lanjut mengatakan sejalan dengan ekspansi dan peningkatan konektivitas Garuda Indonesia ke daerah-daerah "remote area" yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan juga mengembangkan pariwisata di Tanah Air.

Maka dari itu maskapai Garuda juga menawarkan rute-rute penerbangan domestik baru ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Labuan Bajo (NTT), Ende, Bima. Bau-Bau (Sultra), Kolaka, Jember, Sibolga dan lainnya.

"Penerbangan Garuda merupakan `flag carrier` yang melayani penerbangan lebih dari 67 destinasi domestik dan internasional melalui enam Bandara di Indonesia, yakni Jakarta, Bali, Makassar, Medan, Surabaya dan Balikpapan," katanya.

Pimpinan BCA Card Center Bali Wirya Setiawan mengatakan pihaknya memberikan kemudahan bertraksaksi masyarakat, baik pemesan tiket, hotel dan lainnya.

"Kami memberikan kemudahan dalam bertransaksi, sehingga dalam waktu sempit warga bisa melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saat itu juga," katanya.

Di Bali, kata dia, para pemegang kartu kredit BCA dapat memperoleh potongan harga sebesar 15 persen dan `upgrade` kamar hotel jika menginap di hotel "luxury dan upscale Accor" sebagai pembayaran.

"Penawaran ini berlaku hingga 31 Desember 2014. Jika mereka ingin berlibur di akhir pekan, mereka dapat menginap selama dua malam dan hanya membayar semalam saja di hotel-hotel Accor yang berpartisipasi di Indonesia dan Singapura. Penawaran ini berlaku hingga tanggal 28 Februari 2015," katanya.

Risma salah satu penjaga anjungan biro perjalanan wisata mengaku cukup banyak masyarakat yang memesan tiket maupun paket tur ke sejumlah objek wisata di Indonesia dan internasional.

"Tidak saja masyarakat lokal yang memesan tiket dan paket wisata, tetapi ada juga wisatawan asing yang memesan paket tersebut. Kegiatan ini saya berharap terus berlanjut. Bagi kami, ajang ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan perusahaan dan objek wisata, karena di Bali sebagai etalase Indonesia untuk dunia. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014