Nusa Penida (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta mengirim sebuah mobil tangki ke Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali untuk mengatasi masalah air bersih bagi masyarakat di pulau terpencil itu.

"Mobil tangki yang dikirim Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Klungkung dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Senin.

Ia mengatakan, mobil tangki tersebut untuk membantu operasional Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Nusa Penida dalam mendistribusikan air bersih ke pelosok pedesaan yang berbukit-bukit tandus dan kering di daerah itu.

Nusa Penida, pulau yang terpisah dengan daratan Bali yang secara secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung yang kondisinya berbukit-bukit hampir setiap musim kemarau masyarakatnya mengalami kesulitan air bersih.

Bupati Klungkung I Nyoman suwirta yang juga asal Nusa Penida itu sempat melihat dari dekat sejumlah warga yang mengalami kesulitan air bersih, terutama di wilayah perbukitan yang belum terjangkau air.

Ia mengharapkan kepada perbekel dan aparat desa lainya untuk lebih proaktif berkomunikasi dengan pihak kecamatan dan segera mendaftarkan sehingga pendistribusian air bersih ke wilayah yang membutuhkan bisa segera dilakukan pihak PDAM.

Sementara Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, SH mengatakan bantuan mobil tangki dari Pemkab Klungkung langsung dioperasionalkan oleh PDAM.

Pelayanan dilakukan secara maksimal untuk menyalurkan air bersih ke daerah yang mengalami krisis air bersih.

Sementara desa yang sudah mendaftarkan permohonan sebelumnya adalah Desa Bunga Mekar, Pejukutan dan Batukandik sehingga air langsung didistribukan ke desa bersangkutan. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014