Otaki (Antara Bali/AFP) - Tim penyelamat pada Minggu bergegas membantu puluhan pendaki yang terperangkap di sebuah gunung berapi yang meletus di Jepang. Enam orang diyakini terkubur di bawah abu sementara puluhan lainnya terluka.

Asap putih tebal membubung dari Gunung Ontake setinggi 3.067 meter. Gunung tersebut meletus sekitar Sabtu siang, memuntahkan abu, batu dan asap pada akhir pekan musim gugur yang dipadati wisatawan dan pendaki.

Tujuh orang tak sadarkan diri dan terkurung di bawah abu, kata lembaga penyiaran nasional NHK.

Salah satu di antara mereka berhasil diselamatkan tapi beberapa orang lainnya masih berada di gunung, menurut laporan NHK, menambahkan bahwa total 42 orang diyakini terluka.

Media setempat pada Selasa melansir bahwa satu orang tewas, namun petugas pemadam kebakaran mengatakan kematian itu belum dikonfirmasi.

Debu setebal hingga 20 sentimeter menyelimuti sejumlah besar wilayah gunung berapi itu, memerangkap pendaki dan memaksa 150 orang lainnya mencari perlindungan di tempat penampungan di puncak gunung tersebut.

Pejabat setempat meyakini 45 hingga 49 pendaki berlindung semalaman di beberapa pondok di gunung tersebut, meskipun jumlah pastinya masih belum diketahui.

Sebuah helikopter Angkatan Bela Diri menyelamatkan seorang pria dan wanita di dekat puncak gunung, menurut seorang juru bicara di desa Otaki, Prefektur Nagano.

“Helikopter terbang di sana pada dini hari untuk meninjau kondisi tersebut. Dan helikopter menemukan dua orang yang melambaikan tangan ke arahnya,” kata juru bicara itu kepada AFP.

Sekitar 230 pendaki berhasil selamat turun dari gunung pada Sabtu setelah letusan terjadi.(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014