Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 17 atlet sepak bola muda yang tergabung dalam Tim Bali All Stars (BAS) Provinsi Bali U-14 ikut ambil bagian dalam memperebutkan piala Menpora di Jakarta, 24 September mendatang.

Keberangkatan tim sepak bola usia dini tersebut dilepas Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta di Denpasar, Minggu.

Pada kesempatan itu ia membacakan sambutan tertulis Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang memberikan apresiasi dan memotivasi semangat para atlit muda yang tergabung dalam Tim Bali All Stars (BAS) Provinsi Bali U-14 tersebut.

Ia mengharapkan mampu menunjukkan keunggulan dan membawa nama Bali berlaga dalam kegiatan tingkat nasional.

"Kita tunjukkan kepada daerah lain bahwa Bali tidak hanya unggul dalam bidang pariwisata budaya tetapi juga mulai berprestasi dalam bidang olahraga," ujarnya.

Menurut Gubernur Pastika, Bali tidak hanya dilihat sebagai daerah seni, adat istiadat dan sosial budaya namun sudah dilirik sebagai daerah yang cocok untuk penyelenggaraan olahraga skala nasional maupun internasional.

Ia menyadari bahwa tantangan untuk meraih juara tidaklah mudah, namun yakin dengan kerja keras, semangat, doa dan kebersamaan dari tim akan bisa menunjukkan prestasi terbaik.

Ketua KONI Provinsi Bali, Ketut Suwandi melaporkan bahwa, sangat penting untuk membina sepak bola usia dini yang dilakukan oleh pelatih maupun pihak-pihak terkait.

Ia mengharapkan peran sekolah sepak bola ataupun akademi sepak bola di Bali dalam mencari klub-klub yang ada dan selanjutnya KONI dan Disdikpora akan menjaring dan membina para bibit pesepak bola tersebut agar menghasilkan atlet yang memiliki prestasi membanggakan.

Tim BAS diimbau agar tidak cepat puas karena hal ini baru langkah awal dan masih banyak tantangan yang harus dihadapi.

Selain itu, ia juga berpesan agar Tim tetap semangat dan menunjukkan prestasi terbaik dengan harapan nantinya bisa dutularkan kepada klub-klub yang lain.

Pemilik sekaligus manajer BAS, Drs Wayan Suarta menjelaskan, bahwa BAS merupakan akademi sepak bola di Bali yang terdiri dari anak usia dini yakni dari 14 - 17 tahun yang berdiri sejak dua tahun lalu.

Piala Menpora di Jakarta merupakan pertama pertama yang diikuti BAS dalam kancah nasional. "Ini merupakan event pertama yang diikuti yang akan berhadapan dengan utusan dari 15 provinsi di Indonesia," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014