Mangupura (Antara Bali) - Sebanyak 25 anggota Tim Unit Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Badung, Bali, ikut serta dalam apel kesiapsiagaan dan mengikuti berbagai lomba di Kabupaten Buleleng.

"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengefektifkan dan mengoptimalkan serta menyatukan langkah dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana di Kabupaten Badung dan sekitarnya," kata Sekda Badung Kompyang R. Swandika di di Mangupura, Rabu.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh Tim URC tersebut diminta untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental sehingga mampu menunjukkan ketrampilan dan ketangkasan pasukan dalam penanggulangan bencana.

Pihaknya mengaku bangga atas keikutsertaan BPBD Badung dalam kegiatan-kegiatan Apel Kesiapsiagaan tersebut.

Dia berharap Tim URC BPBD Badung mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya didalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Dengan diadakan apel kesiapsiagaan ini kita bisa melihat sejauh mana kesiapan personel maupun peralatan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana di Kabupaten Badung," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Badung, Nyoman Wijaya, mengatakan bahwa Tim URC Badung diterjunkan sebanyak 25 orang terdiri dari pasukan inti 10 orang, cadangan 5 orang beserta official.

"Tim URC akan mengikuti berbagai lomba pada apel kesiapsiagaan nanti, seperti lomba bongkar pasang tenda pengungsi yang akan dinilai oleh BNPB pusat dan yang terbaik akan memperoleh kesempatan untuk mewakili Bali pada ajang tingkat nasional. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014