Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali yang merayakan ulang tahun ke-52 menggelar lomba karya tulis ilmiah dengan peserta dari kalangan pejabat.

"Lomba karya tulis ilmiah ini bakal diikuti para kepala bidang dan kepala bagian dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Bali," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Bali I Putu Suardhika di Denpasar, Selasa.

Dia menjelaskan, perayaan HUT ke-52 bakal digelar pada 14 Agustus dengan serangkaian kegiatan, seperti senam massal, pemeriksaan kesehatan gratis seluruh PNS di lingkungan Pemprov Bali.

Selain itu dilakukan kunjungan sosial kepada para janda veteran perang, pameran pembangunan, serta kerja bakti sosial.

Yang menarik, jika selama ini lomba penulisan karya ilmiah lebih dikenal hanya di lingkungan kampus, namun kali ini juga bakal dilaksanakan oleh aparat birokrasi.

Lomba seperti itu, katanya, dimaksudkan untuk lebih mengasah kemampuan dan pengetahua para pejabat di bidangnya masing masing.

Selain itu, ujar Suardhika, salah satu yang menjadi bahan pertimbangan bagi penilaian jejang karir seorang pejabat, juga ditentukan pula oleh kemampuan penulisan ilmiah mereka sesuai bidangnya.

Ditambahkan Suardhika, pada puncak upacara peringatan, pemerintah provinsi juga akan menghidangkan sekitar 8 ribu nasi kotak yang akan disajikan kepada seluruh masyarakat dan undangan yang datang pasa apel peringatan 14 Agustus.

"Apel peringatan dilaksanakan di Lapangan Puputan Margarana Renon Denpasar. Kami akan bagikan ribuan nasi bungkus secara gratis kepada seluruh masyarakat yang hadir.

"Kita akan menyiapkan ribuan nasi bungkus untuk diberikan kepada seluruh peserta yang mengikuti upacara apel bendera dalam rangka memperingati HUT ke-52 Provinsi Bali," ujar dia.   

Pada puncak upacara tersebut, akan diberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang berjasa, terutama dalam bidang pendidikan, lingkungan hidup, seni budaya, konservasi alam, dan beberapa tokoh lainnya yang berjasa dalam beberapa bidang kehidupan.

Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan, akan diserahkan juga dua unit kendaraan perpustakaan kepada Provinsi Bali yang adalah bantuan dari perpustakaan pusat, juga kendaraan bantuan dari Pemerintah Auistralia.

Pemerintah Provinsi Bali juga telah menggelar serangkaian kegiatan ilmniah seperti cemarah dan diskusi menghadikan para pembicara kelas dunia seperti Hermawan Kertajaya hingga Hakim Agung Supandi.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010