Denpasar (Antara Bali) - Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali menyerahkan bingkisan kepada para veteran pejuang Kemerdekaan Republik di Tugu Pahlawan Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali.

"Sebagai wujud terima kasih perjuangan para veteran, atas perjuangnya sehingga warganegara ini bisa menghirup udara kebebasan dari koloni penjajah, maka kami menyerahkan bingkisan di HUT Ke-69 Kemerdekaan RI," kata Ketua PD INTI Bali Sudiarta Indrajaya di Bangli, Bali, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan maupun veteran pejuang tersebut. Karena itu sebagai penerus bangsa dan negara berkewajiban memperhatikan para veteran yang masih hidup saat ini.

"Gerakan yang kami bangun ini sebagai ungkapan `Bakti Bagimu Negeri`. Dengan harapan instansi dan lembaga lain untuk bersama-sama ikut serta meringankan beban dari para veteran yang ada di Bali," ujarnya.

Sudiarta Indrajaya lebih lanjut mengatakan setiap tahun pihaknya secara bergilir memberikan bingkisan dan pemeriksa kesehatan para veteran di kabupaten dan kota di Pulau Dewata.

"Secara rutin dan menjadi kegiatan tahunan bagi pengurus INTI Bali untuk mengunjungi para veteran yang ada di Pulau Dewata. Kedatangan kami sebagai wujud cinta kasih dan penghomatan bagi para veteran pejuang," katanya.

Penyerahan bingkisan pertama diserahkan Ketua Dewan Pembina PD INTI Bali Dr Frans Bambang Siswanto dan dilanjutkan pengurus lainnya yang disaksikan juga Wakil Bupati Bali, Ketua DPRD Bangli Ngakan Made Kuta Parwata serta unsur Muspida setempat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangli Made Gianyar mengapresiasi gerakan yang dilakukan pengurus INTI Bali, karena atas kepedulian dan perhatiannya terhadap para veteran pejuang kemerdekaan, khususnya di Kabupaten Bangli.

"Kami mengapresiasi dan menyambut baik kepedulian pengurus INTI Bali telah berbuat kepada para veteran pejuang. Mudah-mudahan kegiatan yang diprogramkan tersebut dapat berlanjut setiap tahunnya," katanya.

Bupati Made Gianyar mengatakan akan menjadikan konsep acara INTI yang sangat baik, dan sudah seharusnya mendapatkan perhatian pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.Sementara itu, Ketua Panitia Acara "Bakti Bagimu Negeri" INTI Bali 2014, Made Astika Wiguna mengatakan kegiatan selain penyerahan bingkisan, pihaknya juga menggelar donor darah, bakti sosial. pelayanan kesehatan, bazzar pakaian murah serta tabur bunga di tugu pahlawan.

"Serangkaian kegiatan ini, kami juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi para veteran pejuang, donor darah yang dilakukan anggota INTI dan masyarakat serta tabur bunga di tugu pahlawan," katanya.Sebelum pemberian bingkisan kepada para veteran pejuang, dilakukan doa bersama untuk para pahlawan atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara oleh Ketua Dewan Pembina INTI Bali Dr Frans Bambang Siswanto. Kegiatan tabur bunga diawali Dr Frans Bambang Siswanto didampingi istri Prof Dr Sulistyowati serta diikuti peserta lainnya.(WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014