Jimbaran (Antara Bali) - Universitas Udayana (Unud) Denpasar melepas 1.104 orang sarjana pada wisuda ke-110 yang dilaksanakan di Auditorium WIdya Sabha Mandala, Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali.

"Kami harapkan para lulusan Unud mampu mengisi daya saing yang semakin meningkat saat ini," kata Rektor Unud, Prof Dr I Ketut Suastika, Sabtu.

Wisuda ke-110 ini merupakan wisuda keempat dari lima kali pelepasan wisuda yang digelar setiap tahunnya.

Menurut dia, pemenuhan daya saing melalui pendidikan formal berperan penting dalam meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM), di samping pendidikan informal.

Para wisudawan dan wisudawati yang dilepas berasal dari program studi strata satu (S1) sebanyak 711 orang, magister (150), program profesi (52), program pendidikan dokter spesialis (24), doktor (27) dan diploma (140).

Dari jumlah lulusan itu, empat orang wisudawan merupakan warga negara asing dari Timor Leste, yakni tiga orang wisudawan pada program Pascasarjana dan satu orang pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Lulusan terbaik diperoleh Nurul Marfu`ah, mahasiswa Pascasarjana dari program studi Ilmu Biologi dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) sempurna yakni 4,00, dari program doktor diraih oleh Dewi Ayu Warmadewi dari program Pascasarjana program studi Ilmu Peternakan dengan IPK 3,99 dan untuk strata satu (S1) diraih oleh I Gede Bagus Mahardika Atmaja dari program studi Ilmu Hukum dengan IPK 3,9.

Kepada lulusan tersebut, Suastika berharap mereka mampu mengkontribusikan ilmu pengetahuan yang telah didapat kepada masyarakat serta mampu memenuhi persaingan global.

Unud, kata dia, berupaya menjalankan program peningkatan kualitas SDM melalui penekanan kurikulum kompetensi agar ke depan lulusan siap diterima lapangan pekerjaan atau bahkan menciptkan lapangan kerja baru. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014