Denpasar (Antara Bali) - Arus balik Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah menuju Pelabuhan Padangbai, di Kabupaten Karangasem, Bali, dari Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat mulai melonjak.

"Hingga sore ini sudah ada 11 trip (pelayaran) penyeberangan dari Lombok menuju Bali dengan membawa lebih dari seribu penumpang," kata Arsil selaku Manajer PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Kamis.

Menurut dia, mulai meningkatnya kedatangan pemudik saat arus balik di Pelabuhan Padangbai disebabkan karena sebagian perkantoran sudah mulai beroperasi normal pada Jumat (1/8).

Pihaknya tetap menyiagakan 14 armada kapal penumpang dari 27 armada yang siapkan pihak otoritas penyeberangan Pelabuhan Padangbai-Pelabuhan Lembar.

"Kami tetap mengantisipasi dengan menyiagakan 14 armada kapal penumpang," katanya.

Sementara itu arus balik pada H+1 atau pada Rabu (30/7) tercatat 29 pelayaran dari Pelabuhan Lembar tiba di Pelabuhan Padangbai, Bali.

Jumlah penumpang dari 29 kali "trip" itu sebanyak 4.600 orang dengan jumlah sepeda motor mencapai 972 unit dan roda empat mencapai 296 unit.

ASDP Padangbai memperkirakan bahwa puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (3/8) atau H+5 Lebaran. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014