Negara (Antara Bali) - HUT Kota Negara ke 119, diawali dengan sembahyang ke 10 pura oleh BUpati Jembrana, I Putu Artha, serta pejabat Pemkab setempat, Sabtu.

Proses persembahyangan pertama dilakukan di Pura Niti Praja di Pemkab Jembrana, serta pura-pura lainnya di sekitar perkantoran pemerintahan tersebut seperti Pura Agung Pecangakan, Pura Ulun Stadion Pecangakan serta Pura Jagatnatha.

Usai itu, rombongan melanjutkan ke pura-pura besar yang tersebar di Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Negara dan Melaya.

"Kami berdoa kepada Ida Hyang Widi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa, agar pelaksanaan rangkaian HUT Kota Negara bisa berjalan aman dan lancar," kata Artha.

Ia juga minta, umat non Hindu untuk turut mendoakan pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Terkait dengan perayaan HUT Kota Negara, yang akan dilakukan selama satu bulan mulai akhir juli hingga agustus, ia mengatakan, materi acara yang disajikan merupakan serapan dari aspirasi masyarakat.

Karena itu, katanya, berbagai acara yang digelar lebih banyak menampilkan potensi masyarakat Jembrana, baik di bidang kesenian, hingga industri rumah tangga.

"Aspirasi masyarakat tersebut kami peroleh, saat melakukan simakrama atau silaturahmi ke desa hingga dusun. Aspirasi dalam bentuk lain juga kami terima, seperti soal pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Menurutnya, berbagai aspirasi tersebut, harus diwujudkan karena diperoleh langsung dari masyarakat, yang lebih paham keinginan mereka.

"Sepanjang aspirasi untuk pembangunan, kami pasti tindaklanjuti sesuai prosedur pemerintahan. Terima kasih kepada masyarakat, yang sudah menyampaikan berbagai aspirasi tersebut," katanya.

Sebagai wujud keberpihakan kepada masyarakat, ia mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tema Jagra Sabdhaning Rat atau Pemimpin Yang Mewujudkan Aspirasi Rakyat, dalam HUT Kota Negara tahun 2014.

HUT Kota Negara, setiap tahun dirayakan dengan berbagai kegiatan satu bulan penuh, dengan puncak pada tanggal 15 Agustus, yang merupakan hari lahir Ibukota Kabupaten Jembrana tersebut.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014