Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 3.235 penumpang berangkat dari Terminal Ubung, Kota Denpasar tujuan ke berbagai daerah di Pulau Jawa, tiga hari menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah atau H-3.

"Sesuai prediksi kemarin (Jumat (25/7) adalah puncak arus mudik Lebaran 2014 karena para pegawai yang akan mudik pada hari terakhir bekerja," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan di Denpasar, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya atau H-4 Lebaran penumpang yang berangkat hanya 2.049 orang dengan menggunakan 92 bus dan terjadi peningkatan derastis pada H-3 yaitu mencapai 3.235 penumpang dengan menggunakan 97 bus.

Untuk penumpang yang tiba di Terminal Ubung dari Pulau Jawa pada H-3 Lebaran juga mengalami peningkatan yakni 298 penumpang dengan 47 bus. Jika dibandingkan dengan H-4 Lebaran penumpang yang tiba di Denpasar hanya 255 penumpang dengan 45 bus.

Pihak Terminal Ubung memperkirakan pada hari Sabtu (26/7) atau H-2 Lebaran akan terjadi penurunan dibanding Jumat (25/7).

Saat ini terminal di pusat Kota Denpasar itu masih terlihat dipadati penumpang yang akan berangkat mudik ke Pulau Jawa.

Ketut Sriawan mengingatkan para pemudik untuk tetap berhati-hati dalam perjalan dengan tidak membawa barang yang terlalu berlebihan sehingga tidak menjadi sasaran tindak kejahatan.

"Tetap waspada dalam perjalanan. Jika kondisi tidak baik segera periksakan diri di klinik yang telah disediakan di terminal," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014