Surabaya (Antara Bali) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bali meraih tiga penghargaan tingkat nasional dalam berbagai perlombaan menyambut peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXI Tahun 2014.

"Harapan kami, semoga dengan raihan prestasi ini akan semakin memacu para kader PKK di bawah dalam menumbuhkan dan meningkatkan kesadaraan para anggota keluarga untuk senantiasa berupaya memperbaiki kualitas kehidupannya secara berkelanjutan. Dengan demikian, dapat terbentuk keluarga-keluarga yang harmonis, lestari, tegar dan tangguh mengahadapi permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Ketua TP PKK Provinsi Bali Ayu Pastika dalam siaran persnya saat memimpin rombongan TP PKK Provinsi Bali menerima penghargaan tersebut, di Surabaya, Kamis.

Ketiga penghargaan yang diraih Provinsi Bali adalah Prakarti Utama I bagi pelaksana terbaik lomba Lingkungan Bersih dan Sehat kategori kabupaten yang diraih Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Penghargaan rencananya akan diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono pada Puncak Peringatan Harganas 13 Juni 2014.

Penghargaan kedua yakni Prakarti Utama III lomba PKK KB-Kesehatan kategori Kabupaten yang diraih Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng dan penghargaan ketiga berupa Prakarti Madya II Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga kategori Kota yang diraih Kelurahan Peguyangan Kaja, Denpasar yang keduanya diserahkan hari ini saat Pembukaan Pameran dan Dagang Harganas XXI.

Menurut dia, prestasi yang diraih Provinsi Bali pada ajang Harganas ini sangat membanggakan dan tidak terlepas dari perjuangan, kerja keras para kader dan para Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-Bali serta seluruh komponen yang ikut andil.

Meskipun demikian, ia mengingatkan supaya tidak berpuas diri dengan prestasi yang telah diraih karena mempertahankan prestasi sama sulitnya dengan menggapainya.

"Untuk itu saya berharap kabupaten/kota yang telah meraih prestasi pada ajang ini akan tetap mampu mempertahankan dan lebih meningkatkan prestasi. Bagi kabupaten yang belum berhasil, diharapkan berupaya lebih semangat dalam menggapai prestasi pada ajang tahun-tahun mendatang.

Ia pun meminta Tim Penggerak Kabupaten/Kota se-Bali meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sering turun ke bawah guna memotivasi para kader agar lebih bersemangat meraih prestasi.

Kegiatan pameran dalam rangka Harganas 2014 dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Pusat yang juga Ketua Harian Dekranas Vita Gamawan Fauzi.

Pada pameran tahun ini Bali diwakili oleh Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Dahlia Banjar Dangin Jalan Desa Guwang, Sukawati Gianyar dengan memamerkan produk hasil kelompok berupa kerajinan perak, patung, uang kepeng, aneka souvenir yang terbuat dari bahan kayu, tenun ikat endek, tenun ikat endek rangrang, kain pantai dan kerajinan lainnya.

Sebagian besar hasil-hasil produksi anggota kelompok yang berdiri pada 2012 ini dipasarkan di Pasar Seni Desa Guwang dan Pasar Seni Sukawati Gianyar. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014