Negara (Antara Bali) - Berbagai kelompok masyarakat, mulai dari pedagang pasar, kelompok pecinta vespa hingga Sekaa atau Kelompok Makepung, yang merupakan kesenian khas Jembrana, melakukan deklarasi mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Pilpres.

Deklarasi dukungan terhadap Jokowi-JK, dalam Pilpres yang juga diikuti pasangan Prabowo-Subianto-Hatta Rajasa ini, mengalir sejak Sabtu (7/6) hingga Minggu.

Pada sabtu malam, ratusan penggemar vespa dan sepeda motor tua menyatakan dukungan mereka terhadap pasangan nomer urut dua tersebut, di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara.

"Kami mendukung Jokowi, karena profilnya yang sederhana dan merakyat. Sementara Jk, sosok yang tegas dan cepat dalam mengambil tindakan, sehingga merupakan pasangan yang tepat," kata Saharta, anggota klub vespa, yang membacakan deklarasi.

Sementara di Pasar Yehembang, deklarasi pedagang terhadap pasangan yang sama, diiringi dengan pengumpulan dana kampanye sukarela.

"Kami melihat di televisi masyarakat menyumbang untuk pasangan ini. Kami juga ingin ikut andil meskipun jumlahnya tidak seberapa," kata Ketut Mantra, salah seorang pedagang.

Terakhir, Sekaa Makepung yang sedang melakukan latihan di Sirkuit Makepung Desa Delodbrawah, juga melakukan deklarasi serupa.

Puluhan Sekaa Makepung, yang terbagi menjadi blok Ijogading Barat dan Timur, kompak menyatakan, siap mendukung pasangan Jokowi-JK, dalam Pilpres.

Ketua Pemenangan Jokowi-JK Kabupaten Jembrana, Made Kembang Hartawan yang menghadiri berbagai deklarasi tersebut berharap, dukungan ini tetap solid hingga hari pemungutan suara.

"Seluruh relawan maupun sahabat koalisi harus bergerak selaras. Hindari gesekan antar kita sendiri, yang akan membuat dukungan ini melemah," katanya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014