Denpasar (Antara Bali) - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun mengemukakan ajang Pekan dan Olahraga Seni Pelajar (Porsenijar) Provinsi Bali 2014 diharapkan dapat turut membangun karakter pelajar dan pemuda menjadi sosok pekerja keras, pantang menyerah, jujur dan sportif.

"Porsenijar ini bukanlah semata-mata mengutamakan perolehan medali, atau merebut peringkat tertinggi bagi daerah sebagai ukuran keberhasilan pembinaan prestasi, namun harus bisa membangun karakter pelajar Bali," katanya saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Porsenijar tingkat Provinsi Bali, di Denpasar, Jumat.

Selain itu, pihaknya berharap lewat Porsenijar dapat meningkatkan efektivitas program pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni budaya di kalangan pelajar.

"Sebagai bagian integral dari program pembangunan daerah, pengembangan olahraga dan kesenian bagi pelajar adalah benteng kokohnya identitas dan karakter generasi muda Bali," ucap Cok Pemayun.

Sementara itu, Ketua Panitia Porsenijar Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani menyampaikan bahwa Porsenijar kali ini yang mengambil tema "Melalui Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Provinsi Bali Tahun 2014, Kita Tingkatkan Prestasi Olah Raga dan Seni Budaya Menuju Bali Mandara Jilid II" akan dilaksanakan di Denpasar dari tanggal 5-12 Juni 2014.

"Kegiatan tersebut akan memperlombakan 17 cabang olahraga dan empat cabang olahraga eksibisi dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK, sedangkan untuk bidang seni akan dilombakan 9 bidang dalam masing-masing tingkat," katanya.

Peserta Porsenijar berjumlah 4.817 orang dari sembilan kabupaten/ kota se-Bali yang terdiri dari atlet, pelatih dan official. Dari Kbupaten Badung sebanyak 694 personel, Bangli (390), Buleleng (582), Denpasar (694), Gianyar (618), Jembrana (628), Karangasem (499), Klungkung (428), dan Kabupaten Tabanan (484) personel.

TIA yang juga Kadisdikpora Bali itu mengatakan kegiatan dirangkaikan pula dengan pelaksanaan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (02SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) dan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) 2014.

Untuk O2SN dan FLSSN Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK Pelajar Provinsi Bali tahun 2014 berjumlah 1388 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official, sedangkan untuk LPI akan digulirkan dari tanggal 27 Juni-1 Juli 2014.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Ketua Umum BAPOPSI Provinsi Bali Ngurah Agung Susila, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali serta Bupati/Walikota se-Bali.
(WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014