Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali kembali menyeleksi seniman berprestasi dari delapan kabupaten dan satu kota setempat untuk diberikan penghargaan pengabdi seni bertepatan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXVI tahun 2014.

"Tim yang melakukan seleksi tersebut beranggotakan utusan dari instansi terkait dalam bidang seni dan budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika yang juga Ketua Panitia PKB di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, masing-masing pemerintah kabupaten/kota di Bali diminta mengusulkan sejumlah senimannya yang dinilai mempunyai prestasi serta pengabdian dalam bidang seni dan budaya yang menonjol pada masanya.

"Tim tingkat provinsi menyeleksi nama-nama yang dikirim oleh masing-masing kabupaten/kota, didasarkan atas prestasi, dedikasi, dan pengalaman dalam bidang seni budaya, khususnya di daerah masing-masing," ujar Ketut Suastika.

Dalam aktivitas seni tahunan, PKB yang akan berlangsung sebulan selama musim liburan sekolah Juni-Juli mendatang, akan diberikan penghargaan kepada seniman tua, atau masing-masing satu orang dari seluruh kabupaten/kota.

Pemprov Bali akan memberikan sejumlah dana bagi seniman berprestasi pengabdi seni sebagai penghargaan atas jasa dan dedikasi mereka mamajukan seni dan budaya di Pulau Dewata.

Ketut Suastika menambahkan, penghargaan berupa bantuan dana kepada sembilan seniman pengabdi seni dari delapan kabupaten dan satu kota itu akan diserahkan di sela-sela Pesta Kesenian Bali (PKB) yang selama ini digelar setiap tahun.

Selama 35 tahun pelaksanaan PKB, Pemprov Bali telah memberikan penghargaan kepada 408 seniman, termasuk sembilan orang yang akan diberikan saat PKB ke-36 yang direncanakan digelar mulai 13 Juni 2014.

Penghargaan kepada seniman tersebut di luar kegiatan dalam menyambut HUT Pemprov Bali setiap tahunnya juga menyerahkan Dharma Kusuma, penghargaan tertinggi dalam bidang seni, tutur Ketut Suastika. ***3***

(T.I006/B/T007/T007) 06-06-2014 07:15:34

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014