Denpasar (Antara Bali) - Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Bali akan mengirimkan 12 atlet di ajang Pekan Olahraga Nasional Remaja 2014 di Surabaya, Jawa Timur.

"Sebanyak 12 atlet panahan tersebut disiapkan dalam kurun waktu jangka panjang dan jangka pendek untuk kegiatan kompetisi," kata Ketua Pengurus Perpani Provinsi Bali, Soni Gatot Harianto, di Denpasar, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa 12 atlet panahan tersebut, yakni Indah Dewi Rahayayu berasal dari Kabupaten Badung, Ni Putu Andika (Kabupaten Gianyar), Ni Kadek Ayu Novita Dewi (Kabupaten Gianyar), I Nengah Adnyana (Kabupaten Buleleng), Putu Yudha Kartina (Kabupaten Karangasem), dan Gusti Ngurah Putu Krisna (Kota Denpasar).

Kemudian Nur Risma Yunia Dewita (Kota Denpasar), Desi Fitria Damayanti (Kota Denpasar), Ni Putu Dewi Laurina (Kabupaten Jembrana), Komang Attyla Keoakisan (Kabupaten Buleleng), I Komang Setiawan (Kabupaten Buleleng), dan Kevin Putu Menzel (Kabupaten Badung).

Untuk pelatih yang menangani 12 atlet yang akan dikirim dalam kompetisi PON Remaja 2014 tersebut yakni Irwan Nugata dan Tomoko Suzuki. "Hal ini sudah dikondisikan oleh pelatih dengan latihan khusus dan rutin dilakukan pemantapannya," ujarnya.

Ke-12 atlet tersebut sudah melakukan uji coba atau "try out" ke Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, dan Banten.

"Untuk perbandingan atlet panahan dari provinsi lain tidak jauh berbeda dengan kemampuan atlet Bali saat melakukan uji coba," ujarnya.

Pihaknya menargetkan lima medali emas dari 16 medali yang akan diperebutkan dalam PON Remaja cabang olahraga panahan tersebut.

"kami optimistis memperoleh enam medali tersebut yang tidak menutup kemunginan didapat dari perorangan," ujarnya.

Untuk target medali dari panahan tunggal putri dikategori "recurve" salah satu atlet yang diharapkan kontribusi medali emas yakni Indah Dewi Rahayu.

"Sedangkan target medali emas tunggal putra kategori tersebut diharapkan memberikan kontribusi medali emas yakni I Gusti Ngurah Putu Krisna," katanya.

Selain itu untuk atlet kategori "compund" putri dan putra, lanjut dia, salah satu atlet yang diharapkan memberikan kontribusi medali emas yakni Ni Putu Dewi Laurina (Putri) dan Kevin Putu Mensel (putra).

"Apabila ini tercapai akan memperoleh empat medali emas. Demikian juga untuk kategori beregu harus berusaha memperoleh dua medali dari empat yang diperebutkan," ujarnya.

Untuk mencapai target memperoleh medali emas tersebut, lanjut dia, pihaknya rutin melakukan latihan kepada 12 atlet tersebut selama satu minggu sekali.

"Kami juga melakukan uji coba sebelum dan sesudah sesi latihan," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014