Makassar (Antara Bali) - Puluhan calon penumpang Maskapai Air Asia menyesalkan penutupan rute Makassar-Bali oleh perusahaan milik investor asing ini, setelah sebelumnya juga menutup dua rute lainnya.

"Kami sunggu menyesalkan, karena rencana perjalanan dan liburan yang sudah dijadwalkan sejak tahun lalu jadi terganggu," kata salah seorang calon penumpang Muh Afdal di kantor Air Asia Jalan Boulevard, Makassar, Sabtu.

Sebelum penutupan rute Makassar-Bali, Air Asia juga menutup rute Makassar-Manado dan Makassar-Jakarta.

Menurut Afdal, meskipun pihak manajemen perusahaan itu menjanjikan membayar penuh uang tiket yang telah dikeluarkan, namun penumpang tetap kecewa, karena telah mengacaukan jadwal perjalanannya, padahal sudah membooking tiket pesawat sejak 2013. "Kerugian materil mungkin saja tidak, karena uang akan dikembalikan penuh, tetapi namanya kecewa tentu ada," katanya.

Hal senada dikemukakan calon penumpang Air Asia lainnya, Mahmuddin yang menyebutkan maskapai Air Asia harusnya memberikan penjelasan ke publik mengenai alasan penutupan rutenya dari dan ke Makassar tersebut.

Sebelumnya pihak Air Asia menyebutkan bahwa penghentian penerbangan pada rute tersebut karena alasan operasional dan komersial, dan maskapai ini akan fokus pada rute yang paling banyak diminati.

"Bagi penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket setelah 1 Juni, kami memberikan tiga opsi, yaitu pengembalian uang (refund) secara penuh, credit shell atau dana deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk penerbangan AirAsia lainnya dengan masa berlaku enam bulan atau 180 hari dari tanggal penerbitan, dan terakhir, mengubah jadwal penerbangan lebih cepat," kata Audrey Progastama Petriny, Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia. (M038)

Pewarta: Oleh Suriani Mappong

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014