Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, membentuk Tim Koordinasi Manajemen Pengelolaan Pantai (TKMPP) untuk memelihara kenyamanan dan kelestarian pantai di daerah terkaya di "Pulau Dewata" itu.

"TKMPP ini sangat diperlukan untuk memberikan arah pasti dalam pengelolaan pantai yang berkelanjutan dengan melibatkan pemerintah pusat, daerah, dan instansi terkait," kata Bupati Badung Anak Agung Gde Agung setelah pertemuan dengan Kepala Satuan Kerja (Satker) Balai Wilayah Sungai Bali Penida Ketut Jayada yang didampingi Cok Purnawarman di Mangupura, Kamis.

Namun, pihaknya mengingatkan kepada TKMPP agar dalam melaksanakan tugas selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.

Gde Agung memberikan apresiasi atas keterlibatan pelaku wisata, termasuk para camat, lurah atau perbekel dan bendesa adat yang ikut terlibat dalam TKMPP tersebut.

"Mudah-mudahan penataan pantai ini memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perkembangan pariwisata di Kabupaten Badung, Bali, dan Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Kepala Satker Balai Wilayah Sungai Bali Penida Ketut Jayada mengatakan tugas TKMPP di Kabupaten Badung melaksanakan manajemen pantai yang berkesinambungan, seperti pemeliharaan isian pasir, bangunan pelindung pantai, dan fasilitas publik lainnya.

Selain itu, katanya, pemeliharaan kebersihan ruas pantai dan manajemen pengelolaan pemanfaatan ruas pantai.

"Fungsi dari TKMPP ini untuk menjaga dan memelihara area pantai agar bermanfaat optimal dengan melaksanakan manajemen pengelolaan pantai yang baik dengan melibatkan seluruh instansi terkait," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014