Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar akan menampilkan pagelaran tari dengan judul Sutasoma di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Sabtu (19/4) yang bertujuan untuk memeriahkan acara hari ulang tahun taman yang digagas oleh istri Presiden Soeharto, yakni Ibu Tien Soeharto yang ke-39.

Selain menampilkan tarian tersebut, juga digelar pameran kerajinan kreatif dan pagelaran busana daerah, Ketua tim penggerak PKK Kota Denpasar Selly D. Mantra yang melakukan tinjauan pada acara tersebut mengatakan selalu siap mendukung setiap upaya promosi yang dilakukan oleh Ibu Kota Provinsi Bali itu.

"Kami dari Tim Penggerak PKK Kota Denpsar terus berupaya untuk mendukung semua program Pemkot Denpasar salah satunya seperti promosi sekarang ini," katanya di Jakarta, Jumat.

Penampilan Pemkot Denpasar dalam memeriahkan hari ulang tahun TMII ini mewakili Pemerintah Provinsi Bali yang ditunjuk dalam mengisi acara tersebut.

Menurut Asisten Adminstrasi Pembangunan Sekretaris daerah Kota Denpasar, Wayan Gunawan, ditunjuknya Bali sebagai pengisi acara tersebut dikarenakan Pulau Dewata sudah terkenal dengan keunikan dan keunggulan seni budaya. Dengan penampilan seniman Kota Denpasar tersebut diharapkan dapat menjadi pusat perhatian dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para tamu dan undangan serta pengunjung di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara Direktur Operasional TMII, Ade F Meyliala mengatakan penampilan Kota Denpasar pada HUT ke-39 merupakan kesempatan langka. Hal ini mengingat setiap tahun berbagai daerah di gilir untuk tampil. Sedangkan di TMII terdapat 37 Rumah Adat/Tradisional, itu berarti Provinsi Bali atau yang mewakili akan tampil setiap 37 tahun sekali.

Ade mengharap, TMII dapat dijadikan sebagai pintu untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

"Kami harapkan daerah yang mendapat kesempatan tampil di TMII dapat lebih memperkenalkan daerahnya sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Dalam pagelaran busana daerah Pemkot Denpasar berlomba dengan 20 perwakilan dari berbagai provinsi di Antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Maluku, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Jambi, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua yang dilaksanakan di Teater Bhineka Tunggal Ika, TMII. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014