Denpasar (Antara Bali) - Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (Unud) Denpasar mengajak masyarakat di Ibu Kota Provinsi Bali itu menjaga kualitas hidupnya dengan berolahraga secara teratur.

"Dengan berolahraga kualitas hidup seseorang akan baik sehingga proses penuaan dapat dicegah," kata Ketua Pusat Studi "Anti-Aging Medicine" FK Unud Prof Dr dr Wimpie Pangkahila di Denpasar, Kamis.

Ia berharap masyarakat bisa mengatur pola makan mulai sejak usia muda. "Saya berharap tingkat kesehatan menjadi lebih baik walaupun usia terus bertambah," ujarnya.

Untuk mencegah proses penuaan tersebut, jelas dia, dapat dicegah dengan cara pola diet sehat, istirahat yang teratur, tidak stres, dan menciptakan lingkungan sehat. "Pada dasarnya proses penuaan dapat diperlambat seperti pada usia lebih muda," ujarnya.

Ia menyarankan bahwa mengonsumsi suplemen yang tidak benar justru mengakibatkan proses penuaan dan akibatnya akan bertambah buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Selain itu, untuk kondisi tubuh agar tetap baik, dia menyarankan masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Pemeriksaan kesehatan secara berkala bertujuan mendeteksi gejala yang berkaitan kualitas hidup seseorang sehingga dapat mencegah tanda awal terjadinya proses penuaan," ujarnya. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014