Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memprioritaskan program keluarga berencana di daerah perkotaan atau daerah padat penduduk.

"Program itu untuk menekan pertumbuhan penduduk akibat kelahiran dan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Badung, Putu Rianingsih di Mangupura, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa beberapa jenis sosialisasi yang dilakukan yakni advokasi kepada masyarakat, bekerja sama dengan TNI/Polri, tokoh agama, penundaan usia perkawinan, pengaturan jarak kelahiran, dan pendekatan pelayanan keluarga berencana.

Selain itu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia peserta keluarga berencana melalui Tri Bina, yaitu memantapkan program dan kegiatan Tri Bina, membentuk generasi berencana, dan membentuk kelompok keluarga berencana di wilayah padat penduduk.

Selain itu meningkatkan ekonomi keluarga dengan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) untuk menurunkan angka kemiskinan.

Dengan program tersebut pihaknya yakin mampu menekan pertumbuhan pendudukan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014