Mangupura (Antara Bali) - Unit kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalaian Pembangunan mengapresiasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Badung pada 2013 yang mencapai 91,01 persen.

"Penyerapan anggaran ini sangat membanggakan sehingga kami mengapresiasi capaian yang diraih Kabupaten Badung dalam melakukan tata kelola keuangan daerahnya," kata Deputi IV Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Tara Hidayat saat melakukan kunjungan di Mangupura, Senin.

Kunjungan kerjanya itu dalam rangka persiapan Indonesia akan menjadi penyelenggara Konferensi Keterbukaan Pemerintah untuk kawasan Asia Pasifik yang akan diikuti oleh 500 peserta serta 10 kepala negara yang dilaksanakan pada 4-7 Mei 2014 di Nusa Dua.

Pihaknya berharap Pemkab Badung memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan konferensi tersebut.

Menurut dia, kabupaten terkaya di Pulau Dewata itu dinilai sebagai daerah yang paling siap untuk menggelar berbagai perhelatan tingkat nasional maupun internasional, walaupun dengan persiapan yang mendadak.

Sementara itu, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung mengatakan, dalam rangka melakukan fungsi pengawasan pelaksanaan pembangunan terutama dalam pelaksanaan kegiatan belanja modal Pemkab Badung telah memiliki mekanisme pengawasan dan evaluasi secara ketat dan dilakukan berkelanjutan.

"Dalam rangka mendorong serapan APBD kami memberikan kesempatan kepada masing-masing SKPD (satuan kerja perangkat daerah) memaparkan evaluasi dalam penyerapan anggaran," ujarnya.

Dengan demikian, nantinya akan ditemukan solusi kelemahan dan kendala yang dihadapi dalam merealisasikan program kerjanya dan nantinya dicarikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014