Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung dan Provinsi Bali telah bersinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui bantuan siswa miskin kepada siswa SD dan SMP setempat.

"Terbukti pada tahun 2013 bantuan siswa miskin dari Pemprov Bali ke Kabupaten Badung mencapai Rp2,2 miliar lebih," kata Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di sela peninjauan persiapan kunjungan Gubernur Bali di Mangupura, Rabu.

Selain itu, pada tahun 2012, pemprov juga telah memberi bantuan media pembelajaran berupa koputer jinjing, perangkat komputer, CD pembelajaran, dan proyektor.

Khusus untuk bantuan siswa miskin di SDN 1 Lukluk diberikan kepada tujuh siswa yang masing-masing senilai Rp620.000 dan pada tahun 2014 dibantu dua buah komputer jinjing dan printer.

Pemkab Badung juga memberikan bantuan melalui program bantuan operasional sekolah (BOS) sebagai pendamping serta bantuan beasiswa untuk siswa rumah tangga miskin.

Sementara itu, Kepala Subbagian Humas dan Protokol Pemkab Badung Raka Yuda menjelaskan bahwa guna meningkatkan harkat martabat masyarakat setempat, pemerintah terus berupaya menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan kualitas rumah sehat dan bantuan usaha ekonomi produktif dengan menggandeng pihak swasta melalui dana "corporate social responsibility (CSR)" dalam bentuk bedah rumah.

"Seperti salah satu objek kunjungan kerja gubernur, Pemkab Badung bersinergi dengan Gapensi (Gabungan Pengusaha Konstruksi) membantu bedah rumah I Putu Gede Adi Prabawa warga lingkungan Umah Anyar Anggungan sebesar Rp36 juta yang akan dikerjakan secara gotong royong," ujarnya.

Selain itu, Gapensi juga membantu bedah rumah salah satu warga Banjar Pengiasan, Mengwi, sedangkan Program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) Pemerintah Propinsi Bali juga sudah terlaksana dengan baik di Badung, yang terlihat dari berdirinya Simantri 147 Gapoktan Dharma Pertiwi Kelurahan Lukluk.

Kelompok Simantri itu menjadi salah satu dari 26 Simantri di Badung yang telah eksis dan berhasil sebagai pioner pertanian organik di Badung dan telah berhasil meraih juara II dalam lomba tingkat Provinsi Bali tahun 2012 dan berkesempatan ke Thailand.

Program yang telah dijalankan Simantri 147 tersebut meliputi integrasi tanaman dengan ternak, juga bergerak secara ekonomis dengan pengolahan dan menjadi suplayer dari pupuk organik. (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryatala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014