Tabanan (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menebar ribuan benih ikan tawar jenis Nila di Danau Beratan, Kabupaten Tabanan, yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

"Kami ingin meningkatkan populasi ikan tawar di danau ini sekaligus diharapkan meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, I Made Gunaja, usai menebar benih ikan tawar di Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Sabtu.

Menurut dia, penebaran puluhan ribu benih ikan tawar tersebut diharapkan menambah koleksi danau yang berada di atas ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut itu di antaranya ikan karper dan nila.

"Masyarakat juga bisa memanfaatkan untuk hiburan seperti memancing tentunya dengan cara yang alami.

Dia mengharapkan masyarakat turut menjaga kawasan danau termasuk kegiatan pengawasan untuk menghindari adanya upaya pengeboman ikan.

Ketua Kelompok Masyarakat Giri Gangga Merta Danau Beratan, Dewa Putu Adnyana mengungkapkan untuk menjaga kawasan danau dari upaya pengeboman ikan, pihaknya rutin melakukan pengawasan dan patroli bekerja sama dengan Satuan Polisi Perairan Polres Tabanan.

"Kalau ada yang mencurigakan akan kami berikan teguran dan sanksi adat," katanya.

Ia bersama dengan tokoh masyarakat di desa setempat melakukan patroli yang lebih intensif sejak tahun 2009.

Begitu pula dengan kesadaran masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga kawasan danau, kata dia, dilakukan secara adat dengan menjaga zona konservasi.

Keterlibatan masyarakat menjaga danau dilakukan dengan telah dibangunnya bambu pupung untuk meminimalkan adanya sedimentasi, menjaring masuknya insektisida berbahan kimia, dan tempat bertelurnya ikan.

Meski demikian belum ada temuan atau laporan terkait adanya upaya maupun kegiatan pengeboman ikan di kawasan danau yang juga menjadi salah satu objek wisata andalan Pulau Dewata itu.

Selain menebar benih ikan, seluruh pegawai Bidang Hubungan Masyarakat Pemprov Bali dan awak media itu juga dirangkai dengan menanam puluhan bibit pohon jati dan cempaka di pinggir danau. (Dwa)

Pewarta: oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014