Denpasar (Antara Bali) - Objek wisata Tanah Lot di Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, 18 kilometer barat Denpasar, merupakan lokasi terfavorit di Bali baik itu oleh wisatawan dalam negeri maupun pelancong asal mancanegara.

"Wisatawan masih sering minta supaya bisa diantarkan ke lokasi wisata Tanah Lot, untuk melihat bangunan suci sekaligus menyaksikan matahari terbenam," kata Made Sudiana seorang pemandu wisata di Denpasar, Kamis.

Para pelancong senang menyaksikan dua pura (tempat suci) yang terletak di atas batu besar dan satu lagi ada di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu, Kabupaten Badung.

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, salah satu tempat suci besar di Pulau Dewata.

Ia mengatakan, lokasi wisata Tanah Lot yang dikelola secara profesional sehingga turis akan senang datang ke sini, karena jalan aspal yang bagus, tempat parkir yang luas dan penataan lingkungan yang asri.

Dari sekian banyak objek wisata yang ada di Pulau Dewata, Tanah Lot yang paling ramai permintaan dari wisatawan baik itu pelancong dalam negeri maupun wisatawan asing dan objek wisata paling ramai dikunjungi turis.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat, jumlah kunjungan turis dalam maupun luar negeri yang ke Tanah Lot selama lima tahun terakhir ini tetap tertinggi, menyusul Pura Uluwatu, di ujung selatan Pulau Bali.

Jumlah turis yang datang ke objek wisata Tanah Lot tahun 2012 sebanyak 3.092.434 orang yang terdiri atas 1.649.655 wisatawan dalam negeri dan 1.442.779 orang asing dan jumlah itu pada tahun 2013 diperkirakan bertambah 20 persen.

Terbanyak kedua adalah objek wisata Uluwatu menerima kunjungan 803.567 orang dalam tahun lalu dan di urutan ketiga adalah Ulun Danu Beratan 45 Km utara Denpasar mendapat kiriman turis sebanyak 512.365 orang.

Tanah Lot menerima kunjungan terbanyak memang masuk akal, kata Made Sudiana, disamping lokasi itu dekat dari pusat wisata Kuta dan Nusa Dua, dari sini turis bisa menikmati pemandangan alam pantai dan Pura yang tak ada duanya di dunia.

Apalagi pengelola objek wisata ini melakukan pementasan kesenian jenis kecak untuk turis dengan latarbelakangan pemandangan laut dan Pura sangat mengasyikkan bagi setiap turis yang bisa menyaksikannya, kata Sudiana. (M038)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014