Denpasar (Antara Bali) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berjanji akan mengimplementasikan pembangunan beberapa daerah di Bali yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) selama 2014.

"Di Bali ada 11 yang masuk KSPN, dari itu kemungkinan kami ambil tiga untuk meyakini perencanaannya baik dan kami juga ada beberapa program percontohan," katanya di sela-sela mengadakan pertemuan dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Senin.

Ia mengemukakan, di antara kawasan wisata yang akan mulai dibenahi pada tahun ini seperti di Pantai Mertasari, Sanur, dan Pantai Pandawa di Kabupaten Badung serta kabupaten lainnya masih dalam pembahasan lebih lanjut.

"Langkah ini sebagai upaya bersama-sama menuju pariwisata berkelanjutan itu riilnya seperti apa dan kalau kita implementasikan secara holistik yang benar-benar berdasarkan masukan masyarakat serta apa yang diinginkan masyarakat. Merencanakan dan membangunnya agar mengajak komunitas setempat supaya tidak merusak lingkungan," ujarnya.

Sampai saat ini, tambah Mari, sudah dalam tahap pembahasan lebih lanjut dengan Pemprov Bali dan juga pemkab/pemkot untuk menyepakati apa yang akan dilakukan dan siapa yang melaksanakan.

"Tahun lalu banyak waktu yang kami keluarkan untuk melakukan FGD (diskusi kelompok terfokus) untuk memahami apa yang diinginkan masyarakat karena ini istilahnya kan harus `bottom up` perencanaan serta persiapannya," ujarnya.

Sedangkan pada 2014, di beberapa tempat sudah ada kesepakatan untuk implementasi dan beberapa tempat yang lain harus diperbaiki perencanaan dan persiapannya.

"Nantinya destinasi itu kami perbaiki secara komprehensif, bukan hanya infrastrukturnya tetapi juga SDM dan industri pariwisatanya, standardisasi usaha dan pekerja di sektor pariwisata serta promosi yang lebih baik," kata Mari Elka. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014