Denpasar (Antara Bali) - PT Garuda Indonesia menerbangkan pesawat nonkomersial ATR 72-600 di rute Denpasar--Labuan Bajo--Bima, Senin.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar menyatakan bahwa penerbangan nonkomersial ATR 72-600 pertama kali itu merupakan penerbangan perkenalan pesawat baru kepada para calon pengguna jasa penerbangan Garuda.

"Pesawat ini merupakan pesawat tercanggih dan paling nyaman di kelasnya dan pesawat ini cocok untuk  daerah-daerah terpencil," kata Emirsyah.

Menurut dia, pengoperasian pesawat itu merupakan kelanjutan komitmen Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera negara yang akan terus meningkatkan konektivitas wilayah Indonesia, sesuai program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Emirsyah mengatakan Garuda Indonesia akan terus mengembangkan jaringan penerbangannya ke wilayah-wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

Menurut dia, dengan mengoperasikan pesawat "turboprop" tersebut, Garuda Indonesia akan semakin meningkatkan konektivitas ke daerah-daerah di pengendali area dengan melayani rute-rute penerbangan dengan jarak tempuh kurang dari 900 km di seluruh wilayah Nusantara.

"Hal ini dimungkinkan karena pesawat ATR 72-600 memiliki kemampuan menjangkau bandara-bandara kecil yang memiliki panjang landasan pacu kurang dari 1,.600 meter atau yang tidak dapat didarati pesawat jet," ucapnya.

Pesawat ATR 72-600 memiliki teknologi modern dan operasional yang efisien, namun di sisi lain tetap memberikan standar kenyamanan tertinggi khas layanan "Garuda Indonesia Experience" bagi penumpang, sebagaimana armada lain yang dioperasikan Garuda Indonesia.

"Pesawat ini merupakan jenis terbaik di kelasnya untuk melayani rute-rute penerbangan jarak pendek di berbagai pulau maupun kota di Indonesia yang memiliki keterbatasan landasan pacu," kata Emirsyah.

Pesawat jenis ATR 72-600 mulai dipasarkan pada tahun 2010 dan hingga bulan Agustus 2013 setidaknya ada lebih dari 600 pesawat jenis ini yang telah dioperasikan oleh maskapai-maskapai internasional, antara lain Iberia, Aer Lingus, Air New Zealand, Jet Airways, LOT, Czech Airlines dan Malaysia Airline. (M038)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013