Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana membuka kejuaraan nasional Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi I yang diikuti 14 klub putra dan tujuh klub putri dari 12 provinsi di Indonesia.

Pembukaan Livoli ditandai dengan pemukulan bola pertama oleh Bupati sebelum pertandingan perdana yang mempertemukan klub Alko dengan SBC Sidoarjo di GOR Bhuana Patra, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu siang.

Bupati berharap kejuaraan tersebut dapat menggelorakan semangat untuk pembinaan dan peningkatan prestasi sekaligus hiburan bagi masyarakat Bali utara itu agar lebih dekat dengan atlet-atlet yang nasional.

"Kejurnas antarklub ini dapat menggugah pengurus cabang olah raga lainnya mampu menyelenggarakan ajang bertaraf nasional dan internasional. Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan kemampuan anggaran yang masih terbatas akan senantiasa secara bertahap untuk membiayai dan membangun sarana olah raga terlebih pada tahun 2015 Buleleng sebagai tuan rumah Porprov ke-12 Bali," katanya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Livoli Divisi I Putu Mardika memaparkan kepercayaan yang diberikan Pengurus Pusat PBVSI kepada Pengkab PBVSI Buleleng sebagai pelaksana dan dukungan anggaran Pemkab Buleleng untuk perbaikan GOR Bhuana Patra dan sarana prasarana pendukungnya.

"Untuk menyukseskan kejuaraan ini, kami membentuk panitia lokal dengan melibatkan 186 orang sekaligus sebagai upaya pembelajaran dan menambah pengalaman untuk `event` berikutnya," kata Ketua Pengkab PBVSI Buleleng itu.

Sebelumnya klub peserta mengikuti pertemuan teknis di Gedung Serba Guna PDAM Kabupaten Buleleng di Singaraja, Sabtu (26/10) malam yang dipimpin Ketua V PP PBVSI Hanny S Surkatty.

Dalam pertemuan itu disepakati bahwa 14 klub putra terbagi dalam empat pool, sedangkan tujuh klub putri dibagi dua pool dengan menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi.

Klub putra-putri BNI 46 dan Bandung Tectona mengundurkan diri dari kejuaraan tersebut, sedangkan satu klub dari Surabaya hingga pembagian pool usai tidak menyampaikan kepastian ikut serta sehingga dianggap gugur.

Bali selaku tuan rumah mengirimkan Jeep Voleyball Club (JVC) Singaraja di pool B untuk bersaing dengan Bank Jateng dan Alko, sedangkan Inna Grand Bali Beach (IGBB) masuk pool A bersama TNI-AL dan Arvak (Papua Barat).

Di pool C terdapat SBC Sidoarjo, Asabri, Pasundan, dan Doser, sedangkan pool D ada PDAM Sidoarjo, Borneo (Kaltim), Double N, dan Asmat (Papua).

JVC dan Jimbarwana (Kabupaten Jembrana) bersaing di pool A putri bersama Putri Banyuwangi, sedanglan pool B putri akan berlaga klub TNI-AU, TNI-AL, Vita (Solo), dan Vobgart.

Juara I putra dan putri, masing-masing mendapat uang pembinaan sebesar Rp20 juta, juara II Rp12,5 juta, juara III Rp10 juta, dan juara IV Rp7,5 juta.

"Juara I dan II berhak mendapat promosi berlaga di Divisi Utama tahun depan," kata Hanny. (*)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013