Tabanan (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, menjamin stabilitas harga daging babi seiring dengan meningkatnya kebutuhan umat Hindu menjelang Hari Raya Galungan.

"Harga dijamin tetap stabil karena stok mencukupi," kata Kepala Bidang Agrobisnis Dinas Peternakan Kabupaten Tabanan Ni Nyoman Nasri, Senin.

Ia menyebutkan bahwa untuk babi hidup harganya di pasaran masih bertahan pada angka Rp23 ribu per kilogram, sedangkan daging babi segar Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram.

Saat ini di Kabupaten Tabanan terdapat 19.067 ekor babi siap potong. "Jumlah ini melebihi kebutuhan masyarakat, apalagai peternak dari Tabanan juga memasok babi ke daerah lain di Bali," kata Nastri.

Selain daging babi, kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Galungan akan daging ayam juga tinggi. Harga daging ayam hidup di Tabanan mencapai Rp20 ribu per kilogram.

"Secara umum harga kebutuhan bahan pokok di Tabanan masih stabil menjelang Hari Raya Galungan ini," katanya.

Sementara itu, personel Kepolisian Resor Buleleng membagikan sedikitnya 800 bungkus daging babi kepada umat Hindu di daerah Bali utara itu.

Pemotongan babi secara simbolis dipimpin oleh Kapolres Buleleng Ajun Komisaris Besar Benny Arjanto di Singaraja, Senin. (M038)

Pewarta: Oleh Suar Eka Buana & I Made Tirthayasa

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013