Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali mendorong pengembangan usaha ekonomi kreatif yang menyangkut berbagai aktivitas seni dengan harapan mampu mendukung pengembangan pariwisata yang berkembang pesat di daerah ini.

"Upaya yang dilakukan sejak lima tahun terakhir mulai membuahkan hasil, terbukti kain endek produksi perajin setempat mulai terangkat ke permukaan," kata Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra ketika menerima kunjungan Kepala LKBN Antara Biro Bali I Made Tinggal Karyawan, Senin.

Ia menjelaskan, pada awalnya mendorong untuk merintis usaha industri skala rumah tangga kain endek menghadapi banyak kendala dan hambatan, terutama dalam bidang pemasaran.

"Dengan sedikit agak pemaksaan dengan kewenangan yang saya milik untuk membantu perajin dalam memasarkan produksi kain endek saya wajibkan seluruh PNS di lingkungan Pemkot Denpasar mengenakan baju kain endek," ujar Wali Kota Dharmawijaya Mantra.

Dalam perkembangannya kini masyarakat umum dan pelajar sudah terbiasa mengenakan kain endek, sehingga secara tidak langsung mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

Wali kota Dharmawijaya Mantra yang didampingi Kabag Humas Ida Bagus Rahula menyambut baik Panitia Nasional Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) menyiapkan busana khas Bali berbahan kain endek bagi para kepala negara yang akan dikenakan saat jamuan makan malam. (*/ADT)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013