Negara (Antara Bali) - Pejabat Pemkab Jembrana, termasuk Bupati I Putu Artha melakukan persembahyangan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Taman Sari di Bogor, Jawa Barat.

"Kami datang kesana bertepatan dengan pujawali atau upacara besar pura tersebut, yang diselenggarakan setiap purnama sasih katiga," kata Artha, di Negara, Minggu.

Di pura yang dipercaya sebagai kuil Prabu Siliwangi ini, ia bersembahyangan bersama-sama dengan Umat Hindu yang datang dari seluruh Indonesia.

Usai sembahyang, kepada Ketua Panitia Pujawali, Ida Bagus Kade Ariadi, Artha memberikan dana punia atau sumbangan Rp10 juta.

"Dari sisi bangunan fisik dan konsepnya, pura ini merupakan yang terbesar di luar Bali," kata Ariadi.

Kepada Umat Hindu yang datang ke pura tersebut, Artha minta, untuk bersama-sama mendoakan kedamaian bagi bumi seisinya, sehingga alam bisa memberikan kesejahteraan bagi manusia.

Upacara atau pujawali di Pura Parahyangan Jagatkarta Taman Sari ini, dipuput oleh tiga Wiku yaitu Ida Pedanda Gede Singarsa yang memimpin upacara Nedunan Ida Bhatara, Ida Pedanda Gede Nyoman Jelantik memimpin prosesi upacara Ngabejian, sementara prosesi upacara Ngelinggihan dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Parama Sudiksa.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013