Kupang (Antara Bali) - Danau tiga warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, sudah dibuka kembali untuk dikunjungi wisatawan, setelah selama hampir sebulan ditutup, karena peningkatan status gunung itu menjadi waspada level dua.

Wens Bani, salah seorang warga yang ditemui di Desa Moni, lereng Gunung Kelimutu, Minggu, mengatakan, lokasi wisata Kelimutu itu baru dibuka kembali pada Sabtu (13/7), tetapi suasana di sekitar Gunung Kelimutu masih sepi, karena belum banyak yang mengetahui.

"Lokasi wisata sudah dibuka kembali, tetapi masa liburan sudah berakhir. Wisatawan juga mungkin belum banyak yang tahu, sehingga belum terlalu banyak yang berkunjung ke lokasi itu," kata Wens Bani.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pekan lalu mengumumkan status gunung Kelimutu turun dari waspada level dua ke normal.

Secara terpisah, Pengamat Gunung Api Kelimutu Gabriel Rago mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK) terkait dengan penurunan status gunung Kelimutui tersebut. (IGT)

Pewarta: Oleh Bernadus Tokan

Editor : I Gusti Ketut Agung Wijaya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013