Nusa Dua, Badung (Antara Bali) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berhasil menekan deforestasi atau penebangan hutan secara signifikan.

"Pada periode 2011-2012 deforestasi tinggal 450 ribu hektare," katanya saat menyampaikan sambutan pada acara penanaman mangrove bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pesohor sepakbola dunia Christiano Ronaldo di Telaga Waja, Nusa Dua, Badung, Rabu.

Dia mengatakan sebelum reformasi 1998, rata-rata deforestasi mencapai tiga juta hektare per tahun, bahkan setelah 1998 makin tinggi mencapai 3,5 juta hektare.

Menurut dia, Indonesia berhasil menekan angka deforestasi karena Presiden SBY telah mengambil kebijakan-kebijakan penting terkait perlindungan hutan seperti Inpres Moratorium terkait pemberian izin konsesi hutan primer dan lahan gambut yang sebelumnya dari 2011 hingga 2013 diperpanjang menjadi 2015.

"Selain itu, setiap tahun harus dilakukan rehabilitasi hutan dan lahan dengan penanaman pohon minimal satu miliar," ucapnya pada acara yang digelar Artha Graha Peduli.

Bahkan, Indonesia berhasil mencatatkan penanaman pohon tertinggi pada 2012 sebanyak 1,6 miliar pohon.

"Kita wajib bersyukur dengan potensi hutan yang dimiliki karena Indonesia memiliki kawasan tropis terbesar ketiga di dunia dan keanekaragaman hayati nomor satu, termasuk mangrove," ujarnya.

Zulkifli menambahkan, mangrove bahkan mampu empat sampai lima kali lebih tinggi menyerap emisi karbon dibandingkan pohon lainnya. "Untuk itu kami mendorong terbentuknya lebih banyak Forum Peduli Mangrove. Hari ini menjadi hari luar biasa karena Christiano Ronaldo mau menjadi Duta Mangrove Bali-Indonesia," katanya.

Pada acara penanaman ini juga diserahkan bibit pohon mangrove, pengolah buah mangrove, dan alat pengolah limbah atau pencacah sampah kepada lima kelompok Lembaga Peduli Mangrove di Tanjung Benoa, Jimbaran, Kedonganan, Tuban dan Benoa.

Menteri Kehutanan juga menyerahkan sertifikat Duta Mangrove Bali-Indonesia kepada Christiano Ronaldo.

Presiden didampingi Ibu Ani Yudhoyono menanam mangrove bersama Ronaldo juga didampingi sejumlah menteri, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jendral Timur Pradopo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Bupati Badung AA Gede Agung dan pejabat lainnya. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013