Surabaya (Antara Bali) - Koleksi zebra di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah menyusul kelahiran seekor zebra betina yang diberi nama Mentari.

"Mentari ini lahir pada 1 Juni lalu. Mentari ini anak dari pasangan zebra Arusa (betina) dan Joko (jantan). Sayangnya Joko mati karena menabrak tembok di saat Arusa hamil tua. Dengan kehadiran Mentari ini maka jumlah zebra di KBS ada dua ekor seperti dulu," kata Humas KBS Agus Supangat di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, proses kelahiran Mentari ini berjalan dengan lancar. Kondisi Mentari cukup sehat. Dan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim kesehatan satwa, Mentari tidak perlu dipisahkan dengan induknya.

Meski sudah ada dua zebra, Agus menambahkan pihaknya akan berupaya untuk mendatangkan zebra lagi, terutama jantan sebab zebra koleks KBS ini semuanya betina.

"Soal kapannya, kami masih terus melakukan koordinasi. Yang pasti, memang perlu kehadiran pejantan zebra karena yang ada hanya betina semua," jelasnya.

Sesuai rencana, lanjut dia, Mentari dan Arusa akan ditempatkan di zona Afrika KBS dalam waktu dekat ini. Zona Afrika yang merupakan wahana baru di KBS ini akan dibuka untuk umum tak lama lagi. (*/WRA)

Pewarta: Oleh Abdul Hakim

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013