Denpasar (Antara Bali) - Telkomsel melipatgandakan kapasitas jaringan 3G di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjamin kelancaran komunikasi masyarakat saat peresmian situs Bung Karno.

Peresmian situs itu akan dilakukan Wakil Presiden Boediono, Sabtu (1/6), yang merupakan rangkaian peringatan hari Pancasila.
 
"Penambahan kapasitas jaringan 3G hingga dua kali lipat dilakukan pada 18 BTS 3G (Node B) di pusat kota Ende," kata Head of Network Services & Quality Telkomsel Hendri Mulya Sjam melalui siaran persnya di Denpasar, Jumat.

Jaringan pun diperkuat dengan mengerahkan compact mobile base transceiver (Combat) di Lapangan Pancasila yang menjadi lokasi utama acara tersebut.

Selain di Ende, Telkomsel juga menempatkan "Combat" di Universitas Teknologi Sumbawa yang juga akan disinggahi Wapres pada hari yang sama.

"Kami berupaya menjaminkan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan dan masyarakat yang terlibat dalam peringatan Hari Pancasila dan peresmian situs Bung Karno di Ende," ujarnya.

Selain penguatan jaringan, pihaknya melakukan uji coba untuk memastikan kualitas jaringan di titik-titik strategis penyelenggaraan acara.

Pihaknya mengukur kekuatan sinyal 3G serta kualitas layanan data saat uji coba dilaksanakan.

Hasilnya memperlihatkan kekuatan sinyal Telkomsel secara umum sangat baik, dengan angka rata-rata received signal code power (RSCP) -80 dBm atau setara 4 bar sinyal di ponsel.

Performansi layanan data secara umum juga baik, di mana kecepatan download dengan menggunakan jaringan 3G rata-rata mencapai 2 Mbps.

Telkomsel telah menggelar 30 BTS termasuk 18 Node B di pusat kota Ende untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat.

"Kami berharap upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan dapat membantu kelancaran dan kenyamanan komunikasi Wapres dan rombongan selama menunaikan tugas di Ende dan Sumbawa," ucap Hendri. (IGT)

Pewarta: Oleh IGK Agung W

Editor : I Gusti Ketut Agung Wijaya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013