Bantul (Antara Bali) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan sejumlah desa wisata di daerah itu siap menerima kunjungan wisatawan selama liburan sekolah 2013.

"Pada prinsipnya desa wisata itu siap menerima kunjungan selama liburan sekolah baik yang sekadar berkunjung atau menginap dan belajar kebudayaan," kata Kepala Seksi Promosi dan Bimbingan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul Bambang Priharyanto di Bantul, Selasa.

Menurut dia, selama liburan sekolah dipastikan sejumlah objek wisata alam termasuk desa wisata di Bantul akan dikunjungi wisatawan terutama pelajar. Bahkan, katanya, tidak menutup kemungkinan mereka akan menginap di "home stay" di desa wisata.

Ia menyebutkan sejumlah desa wisata yang dinilai siap menerima kunjungan wisatawan itu, di antaranya Desa Wisata Kebon Agung, Wukirsari, dan Karangtengah di Imogiri, Candran di Jetis, Krebet di Pajangan, dan Lopati di Srandakan.

"Di Bantul yang sudah terdaftar ada 26 desa wisata, namun yang dinilai sudah siap dan mandiri baru sekitar delapan desa, kemungkinan pada liburan sekolah nanti sejumlah 'event' tradisional akan disiapkan untuk menyambut wisatawan," katanya.

Pihaknya akan terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa wisata, agar kelompok sadar wisata (pokdarwis) semakin mandiri dalam mengelola dan mengembangkan desa wisata. (LHS)

Pewarta: Oleh: Heri Sidik

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013