Medan (Antara Bali) - Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dinilai mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa dan setiap orang akan dengan mudahnya saling berbagi pengetahuan dalam waktu singkat.

"Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ekonomi kita sekarang ini telah berkembang menuju ekonomi informasi, yang sebagian besar digerakkan oleh industri kreatif berbasis TIK," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Medan, Sabtu.

Berbicara saat pembukaan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2013 di Lapangan Merdeka Medan, ia mengatakan perpaduan antara 3-C yakni "communication, computer dan content" telah menghasilkan perubahan yang sangat cepat dalam seluruh sektor kehidupan.

Pertukaran data dan informasi bisa dilakukan dalam hitungan detik di seluruh dunia, dan transaksi ekonomi lintas benua tidak lagi membutuhkan waktu, sehingga roda perekonomian berputar semakin cepat.

"Hebatnya lagi, semua orang dimanapun, kapanpun dapat mengikuti perkembangan ekonomi dunia dan bahkan pada saat yang sama bisa berpartisipasi di dalamnya," katanya.

Ia mengatakan dunia maya adalah sekolah virtual yang di dalamnya terdapat sumber pengetahuan tidak terbatas, dimana semua orang bisa mengunggah ataupun mengunduh informasi apapun yang bermanfaat. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Juraidi

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013