Bantul (Antara Bali) - Tiga pasang pengantin menikah secara massal, dalam kegiatan 'Nikah Bareng Membumi' di Pendopo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.

Nikah Bareng Membumi bertema "Menanam Benih Abadi" dalam memperingati Hari Bumi dan Hari Kartini 2013 ini digagas Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) KUA Sewon, bekerja sama dengan Taman Bunga Rias Pengantin, dan didukung pihak Kecamatan Sewon serta segenap masyarakat setempat.

"Kegiatan ini digelar dalam memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, sekaligus untuk menciptakan keluarga dan generasi penerus yang cinta alam, sehingga kelestarian bumi tetap terjaga," kata ketua panitia kegiatan ini, Ryan Budi Nuryanto.

Ia menyebutkan ketiga pasang pengantin tersebut yaitu Ario Hermanto dan Nur Aliyah, keduanya warga Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Rudi Hermawan warga Karanganyar Jawa Tengah dengan Sumartini warga Jetis, Bantul.

Kemudian Zainuddin warga Banguntapan, Bantul, dengan Ilussiani Karyati warga Kalasan, Kabupaten Sleman.

 Menurut dia, acara diawali dengan kirab pengantin dari KUA Sewon menuju Pendopo Kecamatan, kemudian dilangsungkan ijab qobul ketiga pasang pengantin itu. Ijab qobul mereka, masing-masing dilakukan di atas kereta kuda, gerobak sapi, dan becak. (LHS)

Pewarta: Oleh: Heri Sidik

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013