Denpasar (Antara Bali) - Asosiasi Media Bali (AMB) akan menggelar lomba karya tulis untuk para jurnalis, mahasiswa dan pelajar, serta masyarakat umum yang bertujuan untuk menyoroti program-program pemerintah provinsi setempat.

"Lomba ini menjadi salah satu sarana untuk mengevaluasi program Pemprov Bali. Jadi, kami jamin yang menjadi pemenang nanti bukanlah penulis yang hanya memuji-muji program pemerintah. Namanya evaluasi, maka harus ada masukan riil dari masyarakat," kata Ketua AMB Wisnu Wardana, di Denpasar, Sabtu.

Pengumuman pemenang lomba karya tulis yang bertajuk "Jurnalis Award Bali 2013" itu nantinya akan langsung menerima hadiah yang diserahkan oleh Gubernur Bali dan Ketua DPRD Bali pada 13 Mei 2013. "Bagi pemenang lomba, selain akan menerima plakat dan piagam, kami pun telah menyiapkan hadiah uang tunai total sebesar Rp43,5 juta," ujarnya.

Ia menyampaikan tema besar lomba karya tulis ini "Mengevaluasi Program Pemprov Bali 2008-2013", dengan sub temanya dapat berupa program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), Jamkrida, Bedah Rumah, Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri), dan Trans Sarbagita.

"Walaupun tema dan sub temanya tulisan yang dibuat sama, namun persyaratan karya tulis yang dikumpulkan pada panitia untuk kelompok jurnalis, mahasiswa/pelajar, dan masyarakat umum, kami susun berbeda-beda," ujarnya.

Wisnu menjelaskan, untuk kelompok jurnalis, tulisan yang dikumpulkan harus sudah dimuat di media cetak, media online, ataupun sudah disiarkan di lembaga penyiaran dari 21 April-11 Mei 2013. Setiap jurnalis dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.

Sedangkan untuk kategori umum dan mahasiswa/pelajar, panjang karya tulis maksimal lima halaman dan dapat dikirim dari 17 April-11 Mei 2013.

"Semua karya tulis dari kategori jurnalis, masyarakat umum, mahasiswa/pelajar supaya dikirimkan ke Sekretariat AMB (Kantor Koran Bali Travel Newspaper) di Jalan Melati No 43 Denpasar, nomor telepon (0361) 227610 dengan waktu terakhir pengiriman naskah paling lambat 11 Mei 2013 pukul 12.00 Wita ," katanya.

Serangkaian tahapan lomba karya tulis ini, jelas dia, akan digelar pula "workshop" yang mengangkat topik sesuai dengan tema lomba dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya. Kegiatan ini akan digelar di Bokasi Farm, Jalan Waribang Denpasar pada 23-25 April 2013.

"AMB akan menjadikan Jurnalis Award Bali ini sebagai program tahunan sehingga rekan-rekan pers dan masyarakat umum terpacu untuk ikut mengontrol visi misi dan langkah nyata dari Gubernur Bali. Dengan demikian kita akan tahu apakah pemimpin Bali sudah mengimplementasikan program kerjanya yang dijanjikan sebelum pilkada," katanya.

Panitia menyiapkan hadiah bagi peserta sesuai kategori yakni untuk jurnalis, juara I berhak atas uang tunai Rp10 juta, juara II uang tunai Rp7,5 juta dan juara III uang tunai Rp5 juta. Sedangkan kategori umum, juara I dapat meraih uang tunai Rp6 juta, juara II sebesar Rp5 juta, dan juara III sebesar Rp4 juta.

Sementara untuk kategori mahasiswa/pelajar, juara I berhak atas uang tunai Rp5 juta, juara II sebesar Rp4 juta, dan juara III uang sebanyak Rp3 juta. "Semua juara I dalam berbagai kategori, selain mendapatkan uang tunai juga akan mendapatkan plakat dan piagam. Sedangkan juara II dan III mendapat piagam dan uang tunai," kata Wisnu Wardana.

Pihaknya menjamin proses penilaian akan "fair" karena melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya seperti wartawan senior Widminarko, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, guru dan juga penulis Nyoman Tingkat, serta Biro Humas Pemprov Bali. (LHS)

Pewarta: Oleh: Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013